Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhir 2016, Bus Transjakarta Dipasangi Akses WiFi Gratis

Kompas.com - 21/07/2016, 17:47 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Internet menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi masyarakat di Jakarta. Untuk memenuhi kebutuhan internet dalam perjalanan, Transjakarta bakal mulai memasang WiFi di bus-busnya mulai akhir 2016 ini.

Hal tersebut dilontarkan Direktur Utama PT Transjakarta, Budi Kaliwono saat ditemui dalam acara peluncuran fitur "Transit" pada Google Maps di Restoran Ms. Choo, Jakarta, Kamis (21/7/2016).

"Prosesnya sedang berlangsung," ujarnya.

Saat ini, ada 10 perusahaan pihak ketiga yang sudah mengajukan proposal kerja sama dengan Transjakarta. Masing-masing berasal dari operator telekomunikasi, produk perangkat, maupun bundling keduanya.

Terkait siapa saja pihak ketiga yang dimaksud, Budi masih enggan mengungkap. Menurut dia proses saat ini masih di tahap pembicaraan awal. Belum ada tindakan teknis yang telah dilancarkan.

"Kami nggak mau terlalu buru-buru. Yang penting kalau sudah launch layanannya konsisten jadi nggak ada keluhan," ia menuturkan.

Kerja sama dengan Google

Budi mengatakan pihaknya sedang berupaya meningkatkan kualitas jasa transportasi agar masyarakat puas. Selain lewat pemasangan WiFi, saat ini Transjakarta bekerja sama dengan Google dalam mewujudkan fitur "Transit" pada layanan Maps.

Transit memberikan informasi rute, jadwal, dan waktu tiba bus-bus transjakarta secara real-time. Tujuannya agar pengguna mampu memprediksi waktu perjalanan sehari-hari dengan tepat sehingga menunjang produktivitas.

"Tidak semua orang menyetir mobil. Banyak orang yang menggunakan angkutan umum. Kami ingin Google Maps bisa mempermudah siapa pun di manapun dan kapan pun dibutuhkan," kata Director Google Maps, Suren Ruhela, pada kesempatan yang sama.

Transit beroperasi di 12 koridor Transjakarta yang melayani 68 rute. Tiap hari, Transjakarta mengerahkan rata-rata 800 bus untuk melayani lebih dari 340.000 warga ibukota.

Jumlah pengguna bus transjakarta sendiri terus meningkat sejak Januari lalu. Pada awal tahun itu, jumlah penggunanya baru mencapai 275.000-an per hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com