Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aktris Ghostbusters Ngambek, Akun "Selebtwit" Ini Diblokir Selamanya

Kompas.com - 22/07/2016, 12:10 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber Recode

KOMPAS.com - Nama Milo Yiannopoulos (@nero) selama ini dikenal nyinyir di Twitter. Ia merupakan editor situs berita teknologi Breitbart sekaligus selebtwit dengan jumlah followers lebih dari 338.000.

Pada pekan ini, Twitter resmi memblokir Yiannopoulos dari layanan mikroblognya secara permanen, sebagaimana dilaporkan Recode dan dihimpun KompasTekno, Jumat (22/7/2016).

Hal ini bermula dari perang kicauan antara Yiannopoulos dengan aktris sekaligus komedian sohor Leslie Jones.

Jones menjadi korban lontaran kata-kata ofensif dari Yiannopoulos pada awal pekan ini. Para pengikut Yiannopoulos pun getol memaki Jones di platform berlogo burung itu.

Materi penghinaan Yiannopoulos pada Jones terkait dengan cibirannya pada film Ghostbusters yang dimainkan Jones. Sang editor menganggap film itu tak spesial dan performa Jones buruk.

"Ghosbuster melakukan kesalahan dengan memilih @Lesdoggg (akun Twitter Jones). Ia hanya bisa jadi korban," begitu salah satu bunyi kicauan Yiannopoulos.

Lebih dari itu, Yiannopoulos sempat melontarkan kicauan bernada rasis terkait warna kulit Jones. Ia juga mengatakan Jones kurang terpelajar.

Tak terima dengan komentar Yiannopoulos, Jones pun membalas kicauan-kicauan Yiannopoulos melalui akun Twitter personalnya @Lesdoggg.

Ia melaporkan penghinaan personal yang ia terima ke pihak Twitter. CEO Twitter Jack Dorsey lalu berusaha menghubungi Jones. 

Entah apa yang dikomunikasikan Dorsey dan Jones. Yang jelas, beberapa saat setelahnya Jones mengundurkan diri dari Twitter.

Pasca Leslie keluar, Twitter pun memblokir Yiannopoulos. Hal ini tentu bukan keputusan mudah, mengingat Yiannopoulos memiliki basis massa yang besar di Twitter.

"Orang-orang bebas melontarkan pendapat di Twitter. Tapi tak ada satu pun yang pantas untuk dihina secara personal secara online. Aturan kami melarang kekerasan semacam ini," kata perwakilan Twitter soal pemblokiran akun Yiannopoulos.

Yiannopoulos sendiri belum berkomentar soal pemecatan dirinya dari anggota pengguna Twitter. Sementara itu, akun @Lesdoggg sudah bisa diakses kembali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Recode

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com