Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nvidia Titan X Versi 2016 Dijual Rp 15,7 Juta

Kompas.com - 22/07/2016, 13:23 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Nvidia resmi meluncurkan seri kartu grafis high-end terbarunya, Titan X. Ini merupakan seri penerus dari produk bernama sama yang dirilis beberapa bulan lalu.

Chip kartu grafis seri tahun 2016 ini dibangun dengan menggunakan arsitektur Pascal terbaru. Dengan teknologi itu, Titan X baru tersebut diklaim lebih hemat daya ketimbang generasi sebelumnya.

Sebagaimana KompasTekno rangkum dari Venture Beat, Jumat (22/7/2016), Titan X memiliki performa yang sangat tinggi.

Pasalnya, ia dilengkapi dengan spesifikasi seperti memori GDDR5X 12 GB, 3,584 core, dan berlari di kecepatan 1,53 GHz. Performanya sendiri dikatakan mampu mencapai 11 teraflops.

Nvidia menyebut Titan X sebagai GPU terbesar saat ini. Produk itu sendiri memang dilengkapi dengan 12 miliar transistor.

Titan X generasi terbaru ini akan tersedia secara perdana pada tanggal 2 Agustus mendatang di Amerika Serikat dan Eropa. Banderolnya sangat tinggi, yakni 1.200 dollar AS atau sekitar Rp 15,7 juta.

Harga tersebut lebih tinggi 200 dollar AS (sekitar Rp 2,6 juta) dari Titan X versi 2015 saat pertama kali dirilis beberapa saat lalu.

Titan X versi 2015 sendiri resmi diluncurkan pada Maret 2016. Generasi ini menggunakan 8 miliar transistor dan dibangun menggunakan arsitektur Maxwell.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com