Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Pemain "Pokemon Go" Tidak Jenuh

Kompas.com - 25/07/2016, 14:33 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Beberapa orang menganggap Pokemon Go hanya soal mencari dan memperkuat monster-monster liar, mengumpulkan poin, dan memenangkan pertarungan. Seorang pria asal Brooklyn, AS, bahkan mengaku telah menyelesaikan game itu dengan menangkap 142 Pokemon di negaranya.

Pertanyaan besarnya, "setelah ini apa?". Kejenuhan pemain tampaknya telah diantisipasi Niantic Labs selaku studio pengembang game fenomenal tersebut. Sang CEO, John Hanke mengungkap rencana lanjutan Pokemon Go dalam ajang Comic-Con di San Diego, AS.

Prioritas Hanke adalah memperbaiki permasalahan teknis. Ia meminta maaf karena server Pokemon Go belum mampu menampung hasrat bermain semua orang. Ia pun berjanji timnya bakal menuntaskan masalah itu sebelum memperkenalkan pembaruan lebih lanjut.

"Setelah generasi pertama, ada hal lain yang akan segera masuk ke game," kata Hanke, sebagaimana dilaporkan TheVerge dan dihimpun KompasTekno, Senin (25/7/2016).

"Kami terus mencari cara-cara menarik yang akan direalisasikan dalam beberapa bulan dan tahun ke depan," ia menambahkan.

Hanke tak mengungkap tanggal pasti pembaruan Pokemon Go. Yang jelas, pembaruan itu berkenaan dengan penambahan fungsi Pokestop, penambahan monster-monster Pokemon langka, serta memperkuat fungsi tim.

Pokestop jadi Pokemon Center

Saat ini Pokestop menjadi tempat persinggahan untuk mengumpulkan item-item bermanfaat, mulai dari Pokeball, Revive, Potion, Lure Module, hingga Lucky Egg. Ke depan, Pokestop tak cuma jadi wadah item semata.

"Ide yang baik ketika pemain bisa mengumpulkan item dan mengubah fungsi Pokestop sekaligus menambah kemampuannya," Hanke menjelaskan.

Salah satu fungsi tambahan Pokestop adalah menjadi Pokemon Center. Seperti pada cerita di video game Pokemon yang sudah-sudah, Pokemon Center merupakan tempat menyembuhkan Pokemon yang terluka pasca bertarung.

Saat ini memang pemain bisa menyematkan Revive atau Potion pada Pokemon yang cedera. Namun, Pokemon Center dikatakan bakal lebih detil soal proses penyembuhan para monster.

Selain itu, ada juga ide untuk menambahkan fitur perdagangan (trading) dan pelatihan (training) Pokemon. Pembiakkan Pokemon pun sedang didiskusikan oleh tim penggodok Pokemon Go.

Tim akan lebih penting

Dalam debut peluncurannya, pemimpin atau leader tim Pokemon Go hanya digambarkan sebagai siluet. Masing-masing membawa "harga diri" tim merah, kuning, dan biru. Hanke hendak memperkuat solidaritas tim dengan memperkenalkan karakter-karakter leader.

Dalam acara Comic-Con, Hanke pun memperkenalkan tiga leader tersebut. Tim Valor yang bernuansa merah dipimpin Candela. Tim Mystic yang membawa warna biru dinakhodai Blanche. Terakhir, tim Instinct dengan tema kuning dikepalai Spark.

Halaman:
Baca tentang
Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com