Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PNS Jadi Profesi dengan Tingkat Kepuasan Tertinggi

Kompas.com - 25/07/2016, 19:10 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Jobplanet, platform komunitas online untuk berbagi informasi seputar dunia kerja dan perusahaan, melakukan riset soal tingkat kepuasan kerja karyawan di Indonesia.

Dalam riset kali ini, pihak Jobplanet menganalisis data yang terkumpul melalui situs webnya sejak Januari hingga Juni 2016.  

Riset ini melibatkan 48.250 orang karyawan  yang tersebar di seluruh Indonesia sebagai responden, dan menggunakan sampel 18.900 perusahaan dari berbagai sektor industri yang terdaftar di Jobplanet.com.

Berdasarkan analisisnya, Jobplanet menemukan bahwa secara keseluruhan, rata-rata tingkat kepuasan karyawan di Indonesia terhadap pekerjaan dan perusahaan atau institusi tempat mereka bekerja selama semester pertama 2016 adalah sebesar 3,46. Dalam penilaian ini, angka tertinggi adalah 5,0 yang mewakili nilai “sangat puas”.

Analisis tersebut juga mengungkapkan bahwa profesi dengan tingkat kepuasan tertinggi ada di bidang pemerintahan atau di kalangan Pegawai Negeri Sipil (PNS).

“Yang menarik dari riset Jobplanet kali ini adalah, bahwa karyawan yang paling puas dengan pekerjaannya adalah karyawan di bidang pemerintahan, termasuk PNS. Hal-hal yang menjadi alasannya, antara lain adanya kepastian tentang tunjangan dan jaminan hari tua," tulis Kemas Antonius, Chief Product Officer Jobplanet di Indonesia, dalam keterangan pers yang KompasTekno terima, Senin (25/7/2016).

"Selain itu, tingkat persaingan untuk mendapatkan pekerjaan di bidang ini sangat tinggi, dan itu menjadi kebanggaan tersendiri bagi mereka yang telah lolos dalam proses rekrutmen,” imbuhnya.

Berikut 10 profesi di Indonesia dengan tingkat kepuasaan kerja paling tinggi:

1. Karyawan di bidang Pemerintahan

Rata-rata tingkat kepuasan kerja: 3,70
Karyawan yang bekerja di bidang pemerintahan, antara lain pegawai negeri sipil (PNS), petugas pelayanan sosial, serta anggota kepolisian dan tentara.

2. Karyawan di bidang Media dan Public Relations (PR)

Rata-rata tingkat kepuasan kerja: 3,59
Karyawan yang bekerja di bidang media dan PR, antara lain wartawan, praktisi PR, pembawa acara, editor, copywriter, serta fotografer dan kameramen.

3. Karyawan di bidang Penelitian dan Pengembangan (Litbang)

Rata-rata tingkat kepuasan kerja: 3,57
Karyawan yang bekerja di bidang Litbang, antara lain ahli teknologi kelistrikan, ahli teknologi dan pengembangan pangan, staf Litbang, serta ilmuwan dan ahli Geofisika.

4. Karyawan di bidang Pelayanan

Halaman:

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com