Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saingi Nintendo, Sega Ikut Perbarui Konsol Lawas

Kompas.com - 27/07/2016, 11:32 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Bulan Juli 2016 bisa dikatakan sebagai bulan nostalgia bagi para gamer. Setelah Nintendo merilis konsol Clasic Mini, kini giliran Sega dengan konsol bernama Mega Drive.

Perangkat tersebut diumumkan bertepatan dengan hari jadi franchise Sonic the Hedgehog yang ke-25 tahun.

Baca: Nintendo Perbarui Konsol Lawas NES dalam Versi Mini

Seperti namanya, konsol ini dapat digunakan untuk memainkan game-game lawas dari era game 8-bit Mega Drive tahun '90-an.

Produk ini bisa dimainkan oleh dua orang sekaligus menggunakan controller nirkabel. Uniknya, desain dari controller tersebut mirip dengan Mega Drive zaman dulu.

Menariknya, sebagaimana KompasTekno rangkum dari The Next Web, Rabu (27/7/2016), konsol ini mendukung cartridge (gamer zaman dulu lebih gemar memanggilnya sebagai "kaset") dari Mega Drive sebelumnya.

Itu artinya, bagi Anda yang masih memiliki "kaset" dari zaman dulu, bisa memasang dan memainkannya kembali di konsol baru tersebut.

Sudah tidak memiliki cartridge? Tenang saja, pasalnya Sega sudah memasukkan 80 judul game terpopuler Sega ke konsol Mega Drive ini. Judul-judul klasik, seperti Sega, Mortal Kombat, Golden Axe, dan Comix Zone dapat dijajal langsung melalui konsol ini.

The Next Web Mega Drive portable

Konsol Mega Drive ini bakal hadir dalam dua versi. Versi pertama seperti yang sudah dijelaskan. Sementara itu, versi kedua dilengkapi dengan layar 3,5 inci, diperuntukan bagi yang ingin membawanya ke mana-mana.

Konsol Mega Drive ini digarap oleh perusahaan asal China bernama AT Games, yang mendapat lisensi resmi dari Sega.

Kedua versi Mega Drive ini bakal tersedia di bulan Oktober mendatang. Keduanya memiliki banderol yang sama, yakni 65 dollar AS atau setara Rp 900.000.

Belum diketahui apakah Mega Drive bakal dijual resmi di Indonesia atau tidak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com