Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beli Slurpee di 7-Eleven, Diantar Pakai Drone

Kompas.com - 28/07/2016, 13:22 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Jaringan minimarket 7-Eleven menyiapkan konsep layanan antar yang unik. Mereka berencana memakai drone atau pesawat tanpa awak untuk mengantarkan kopi, slurpee, donat atau pesanan lain dari pelanggan.

7-Eleven bekerja sama dengan sebuah startup bernama Flirtey untuk mewujudkan rencana tersebut. Penerapannya pun masih terbatas, karena masih berupa pilot project dan tidak dilakukan di seluruh jaringan minimarket mereka di dunia.

Uji coba pengantaran drone perdana mereka telah dilakukan di komplek perumahan di Reno, Nevada, Amerika Serikat.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari The Verge, Kamis (28/7/2016), pada 11 Juli lalu, drone pengantar pesanan tersebut terbang perdana, melintasi langit, menuhi sebuah komplek perumahan di Reno.

Drone ini terbang secara otomatis dan memakai GPS sebagai alat pemandunya. Lokasi pengantaran pun dibatasi hanya yang berada dalam radius 1,6 kilometer dari gerai 7-Eleven terdekat.

Pesanan perdana itu berisi sebuah sandwhich ayam, donat, kopi, permen dan Slurpee, minuman es serut khas 7-Eleven. Mereka membundelnya dalam dua wadah. Masing-masing diterbangkan secara terpisah dengan cara menggantungkannya pada drone.

Setelah mencapai target tujuan, drone akan menurunkan wadah berisi pesanan itu ke pemukaan tanah sehingga bisa diambil oleh pemesannya.

Sekadar diketahui, Flirtey, perusahaan yang ada di balik rencana tersebut, sudah beberapa kali melakukan pengantaran memakai drone. Salah satunya adalah untuk mengantarkan cadangan obat di Virginia, serta mengirimkan air dan kebutuhan darurat di Hawthrone.

7-Eleven bukan satu-satunya perusahaan yang mengincar konsep pengantaran pesan memakai drone. Ada juga perusahaan lain yang lebih dulu, seperti Amazon serta Walmart.

Anda bisa menyaksikan video pengantaran pesanan menggunakan drone di bawah ini:


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com