Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil "Otonomos" Apple Digarap oleh Jebolan BlackBerry

Kompas.com - 29/07/2016, 16:21 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber Bloomberg

KOMPAS.com - Apple baru saja merekrut mantan bos divisi pengembangan software otomotif di Blackberry. Perekrutan bos jebolan BlackBerry itu demi mewujudkan mobil otonomos atau mobil yang bisa berjalan otomatis.

Jebolan BlackBerry yang dimaksud adalah Dan Dodge, yang juga dikenal sebagai founder serta mantan CEO QNX, sistem operasi yang pada 2010 silam dibeli oleh BlackBerry.

Dodge kini bergabung dengan tim Project Titan yang dibuat Apple. Project Titan adalah proyek pengembangan teknologi otomotif yang dikepalai oleh Bob Mandfield.

Selama ini, Apple memang digosipkan sedang berusaha membuat mobil listrik otonomos sendiri. Namun ternyata mobil yang disebut-sebut bernama Apple Car itu batal, dan perusahaan beralih ke pembuatan desain serta software khusus mobil otonomos.

Baca: Apple Sedang Merancang Mobil Tanpa Sopir

Selanjutnya, menurut sumber yang enggan disebut namanya, Apple bisa saja bekerja sama dengan pabrikan mobil tertentu atau membeli perusahaan pembuat mobil yang sudah cukup mapan. Namun tidak merakit mobil otonomos itu sendiri.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Bloomberg, Jumat (29/7/2016), Apple menyediakan ratusan teknisi untuk sedang mengerjakan proyek tersebut. Targetnya, mereka bisa merilisnya pada 2020.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Bloomberg

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com