Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Game Kodok" Buatan Mahasiswa Madura Harumkan Indonesia

Kompas.com - 29/07/2016, 19:10 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Empat anak muda asal Madura berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Mereka adalah M. A Kholiq, Anwar Fuadi, Astu Masrundi, dan Achmad Dany Romadhon, empat mahasiswa Universitas Trunojoyo yang tergabung dalam tim None Developers.

Pada ajang Imagine Cup 2016 yang diselenggarakan Microsoft di Seattle, Washington, AS, None Developers berhasil menyabet juara kedua untuk kategori Games. Mereka berlomba melawan 35 tim pelajar dari negara-negara lain, sebagaimana tertera pada keterangan tertulis  yang diterima KompasTekno, Jumat (29/7/016).

Game yang mereka buat bertajuk Froggy and the Pesticide. Sesuai namanya, game ini berupaya memberi informasi edukatif soal manfaat biopestisida dan bahaya pestisida bagi lingkungan. Karakter kodok dipersonifikasi untuk mempermudah penyampaian informasi.

Dalam Froggy and the Pesticide, pemain menggerakkan karakter kodok hijau melewati rintangan. Tujuan akhirnya adalah menekan tombol yang mematikan alat penyebar pestisida yang membuat tanaman menangis.

None Developers berharap para pemain mampu menangkap esensi dari game tersebut dan mengimplementasikan ilmu di dalamnya pada kehidupan sehari-hari. Agaknya visi sosial itu menjadi salah satu faktor kemenangan empat putra daerah asal Madura tersebut.

Atas kemenangannya, None Developers diganjar hadiah sebesar 10.000 dollar AS atau sekitar Rp 131 jutaan dari Microsoft selaku penyelenggara.

Google Play Store Game "Froggy and the Pesticide" buatan None Developer asal Madura yang berprestasi di ajang Imagine Cup 2016.
Froggy and the Pesticide bisa tersedia di platform Windows Phone dan Android. Anda bisa mengunduhnya di toko aplikasi Windows Store di tautan berikut ini, dan Google Play Store melalui tautan berikut ini.

Imagine Cup sendiri merupakan kompetisi di bidang teknologi berskala global khusus untuk pelajar. Ajang tersebut sudah dilaksanakan 14 kali sejak 2003 silam.

"Microsoft percaya atas kekuatan yang dapat menghubungkan anak-anak muda dengan teknologi. Kami ingin membantu mereka untuk dapat terus bermimpi, membangun kreativitas dan merealisasikan ide menjadi kenyataan," kata Corporate VP, Developer Experience and Chief Evangelist Microsoft, Steven Guggenherimer.

Tahun ini juri Imagine Cup datang dari sejumlah kalangan profesional, antara lain pemeran utama Star Wars: The Force Awakens, John Boyage; pemenang Imagine Cup 2014, Jennifer Tang; dan insinyur software kawakan sekaligus Pengembang Kurikulum Ilmu Komputer di Microsoft, Kasey Champion.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com