Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pena Galaxy Note 7 Bisa Dipakai di Dalam Air

Kompas.com - 03/08/2016, 11:48 WIB
Reza Wahyudi

Penulis

NEW YORK, KOMPAS.com - Galaxy Note 7 telah resmi diperkenalkan Samsung. Ponsel generasi terbaru dari Samsung ini sekarang memiliki fitur anti-air dengan sertifikasi IP 68 (maksimal kedalaman 1,5 meter selama 30 menit).

Tak hanya unit ponselnya, stylus S Pen yang mendampingi Galaxy Note 7 pun memiliki kapabilitas serupa alias sanggup diajak berendam, bahkan juga menulis di layar saat berada dalam air.

Menurut Marketing Director IT & Mobile Samsung Indonesia Vebbyna Kaunang, fitur tersebut bukan untuk mendorong pengguna menulis atau mencoret-coret layar saat dalam air.

"Siapa juga yang iseng pakai S Pen saat menyelam. Fitur tersebut berguna untuk kondisi sehari-hari, misalnya saat kehujanan. Dalam keadaan basah atau kecipratan air, perangkat tetap bisa digunakan," kata Vebbyna kepada KompasTekno setelah acara peluncuran Galaxy Note 7 di New York, AS, Selasa (2/8/2016).

Selain itu, menurut Vebbyna, bagian ujung S Pen (yang bersentuhan dengan layar) kini berukuran lebih kecil, hanya 0,7 mm sehingga lebih mirip ballpoint. Ini membuatnya lebih responsif saat digunakan.

Sensitivitas terhadap tekanan juga dinaikkan dua kali lipat ketimbang Galaxy Note 5. Dari 2.048 tingkat menjadi 4.096 sehingga mampu menghasilkan goresan tinta digital dengan ketebalan beraneka rupa.

Sebuah mode Air Command baru bisa memperbesar tampilan layar yang sedang berada di bawah ujung S Pen, layaknya kaca pembesar. Mode baru ini dapat diaktifkan lewat menu Air Command yang akan muncul setiap kali pengguna mengeluarkan S Pen dari tempatnya.

Mode baru lainnya yaitu Advance GIF Maker yang memungkinkan pengguna meng-capture video yang diinginkan, misalnya dari YouTube dan kemudian menggabungkan menjadi sebuah gambar bergerak.

Di samping kemampuan anti-air, Galaxy Note 7 turut memperbarui deretan hardware internalnya yang kini mencakup prosesor octa-core Exynos 8890 (atau Snapdragon 820 di wilayah tertentu), RAM 4 GB, media penyimpanan 64 GB, baterai 3.500 mAh, konektor USB Type-C, serta kamera 12 megapiksel (belakang) dan 5 megapiksel (depan).

Galaxy Note 7 rencananya  bisa mulai dipesan di Indonesia mulai 5 Agustus mendatang. Banderolnya dipatok di angka Rp 10.777.000. (Baca: Ini Dia Harga Galaxy Note 7 di Indonesia)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com