Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Bangun Lab "Hardware", Kembangkan Drone dan VR

Kompas.com - 04/08/2016, 11:28 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber ENGADGET

KOMPAS.com — Minggu ini, Facebook membuka sebuah kompleks bangunan yang berfungsi sebagai pusat pengembangan teknologi hardware besutan raksasa jejaring sosial tersebut.

Bernama Area 404 (pelesetan dari kode yang muncul saat sebuah situs internet tidak ditemukan oleh browser), teknologi yang dikembangkan di sana antara lain mencakup drone internet dan perangkat virtual reality (VR).

Dirangkum KompasTekno dari Engadget, Kamis (4/8/2016), fasilitas seluas 6.700 meter persegi itu memuat berbagai alat pengujian seperti CT scanner, mikroskop elektron, hingga water jet.

Area kerja terbagi dua, yakni teknik kelistrikan dan pengerjaan prototipe. Bangunan dirancang agar memudahkan kolaborasi antar tim supaya lebih gampang membuahkan temuan baru.

Facebook belakangan memang giat merambah ranah hardware. Sekitar enam tahun lalu, perusahaan jejaring sosial itu mulai membikin komputer server dan alat networking sendiri untuk mengakomodasi jumlah pengguna layanannya yang makin membeludak.

Dalam upayanya menyebarkan internet ke pelosok-pelosok terpencil, Facebook pun mengembangkan aneka perangkat keras, seperti antena wireless, laser untuk keperluan komunikasi, dan drone internet yang melayang di angkasa.

Begitu pun dengan virtual reality, Facebook mengakuisisi pembuat headset VR, Oculus.

Kecuali headset VR ini, hardware yang dikembangkan Facebook sebenarnya tidak untuk dijual secara langsung ke konsumen, tetapi untuk dipakai sendiri atau disebarkan sebagai desain open source (misalnya antena dan drone) untuk mendorong perkembangan teknologi secara keseluruhan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ENGADGET

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com