Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada 7 "Penggoda" di Galaxy Note 7

Kompas.com - 08/08/2016, 10:33 WIB
Reza Wahyudi

Penulis

NEW YORK, KOMPAS.com - Samsung secara rutin, setiap sekali setahun, mengeluarkan produk terbaru untuk seri Galaxy S dan Note. Baru-baru ini, Samsung merilis phablet terbarunya, Galaxy Note 7 dalam acara peluncuran di New York, AS, Selasa (2/8/2016).

Phablet terbaru Samsung dengan layar 5,7 inci ini dibekali dengan jeroan hardware yang mirip dengan duo Galaxy S7 yang terbukti laris di pasaran. Namun, Note 7 mengusung spesifikasi yang cukup mencolok ketimbang produk sejenis, yaitu Galaxy Note 5.

Dari sisi desain, perbedaan lain yang cukup mencolok antara Galaxy Note 7 dan generasi Note sebelumnya adalah layar lengkung di kedua sisinya.

“Meski sama-sama 5,7 inci (dengan Note 5), Galaxy Note 7 lebih nyaman dipegang karena lengkung depan (layar) dan belakang (body). Dan bisa dioperasikan dengan satu tangan,” ujar Marketing Director IT & Mobile Samsung Indonesia, Vebbyna Kaunang kepada KompasTekno, Jumat (5/8/2016).

Selain itu, Galaxy Note 7 tetap membawa ciri khas seri Note, yaitu stylus S Pen yang makin ditingkatkan kemampuannya.

“Kebanyakan pengguna Galaxy Note bertahan karena kecanduan pakai stylus S Pen dan upgrade ke Note baru karena tiap naik generasi  (teknologi S Pen) pasti ada peningkatan,” ujar Vebbyna.

Kehadiran Galaxy Note 7 pun membawa sejumlah keunggulan lain yang akan menggoda pengguna perangkat Note generasi sebelumnya untuk beralih. Berikut tujuh "penggoda" bagi pengguna baru atau Galaxy Note lama untuk beralih ke Galaxy Note 7. (Baca: Galaxy Note 7 Bisa Dipesan di Indonesia 5 Agustus)

1. Spesifikasi hardware lebih tinggi

Galaxy Note 7 ditenagai oleh chipset Snapdragon 820 atau Exynos 8890 dengan chip grafis Adreno 530 atau Mali T880. Kedua chipset tersebut mengangkat kemampuan Note 7 jauh di atas Galaxy Note 5.

“Jika dibanding Note 5, kemampuan chipset utama (CPU) Galaxy Note 7 lebih tinggi 30,7 persen. Sedangkan chip grafisnya (GPU), lebih tinggi 58,5 persen,” kata Vebbyna.

Galaxy Note 7 juga memiliki RAM dan kapasitas baterai yang lebih besar, yaitu 4 GB dan 3.500 mAH. Bandingkan dengan Note 5 dengan RAM 3 GB dan baterai 3.000 mAH.

Teknologi USB Type C juga disematkan di Note 7 yang membuatnya memiliki kecepatan transfer data dan charging lebih cepat.

2. Anti-air dan tahan jatuh

Fitur tahan air tidak ditemui di Galaxy Note 5 dan generasi sebelumnya. Galaxy Note 7 merupakan seri Note pertama yang dibekali dengan kemampuan anti-air dengan menyandang sertifikasi IP68.

Artinya, Galaxy Note 7 bisa diajak berendam selama 30 menit di kedalaman maksimal 1,5 meter.

Engineer Samsung sudah bisa menemukan cara agar Galaxy Note tahan air. Dulu masalahnya ada di slot penyimpanan stylus,” ujar Vebbyna.

Selain itu, Galaxy Note 7 juga menggunakan teknologi Gorilla Glass 5 sebagai pelindung layarnya. Pelindung layar buatan Corning ini diklaim memiliki tingkat ketahanan lebih baik dari Gorilla Glass 4 yang terpatri di Note 5.

Corning mengklaim, perangkat dengan Gorilla Glass 5 memiliki peluang tidak pecah hingga 80 persen saat terjatuh dari ketinggian 1,6 meter. Yang menarik, Gorilla Glass 5 juga disematkan di bagian punggung Galaxy Note 7, tidak hanya melindungi bagian layar depan saja.

3. Pemindai iris mata

Fitur pemindai mata (iris scanner) pada Galaxy Note 7 memungkinkan pengguna membuka kunci ponsel dengan mata. Fitur ini sebagai alternatif dari fitur keamanan dengan pemindai sidik jari yang juga tersedia di Note 7.

Samsung mengklaim fitur yang tidak tersedia di Note 5 ini lebih aman ketimbang pemindai sidik jari. Iris scanner bekerja dengan memanfaatkan kamera depan di Note 7.

“Retina manusia tidak ada yang sama, orang kembar pun beda. Retina tidak bisa diakali dengan foto atau gambar,” kata Vebbyna.

Menurut Vebbyna, pemindai iris juga berguna saat pemindai sidik jari sedang tidak dapat digunakan, misalnya saat pengguna menggunakan sarung tangan atau tangannya sedang kotor.

Selain untuk membuka ponsel, pemindai iris juga dapat digunakan untuk mengunci aplikasi, file foto, dokumen, dan konten lain dengan disimpan di Secure Folder.

4. Stylus S-Pen makin canggih

Stylus S Pen di Galaxy Note 7 lebih canggih ketimbang Note 5. Sekarang, pengguna bisa menerjemahkan teks hanya dengan melayangkan (hover) stylus di kata yang ada di layar. Fitur ini ditenagai Google Translate yang sudah bisa mengenali 38 bahasa dan menerjemahkan sebanyak 71 bahasa.

Seperti unit ponselnya, pena Galaxy Note 7 sanggup diajak berendam, bahkan juga menulis di layar saat berada dalam air.

Selain itu, menurut Vebbyna, bagian ujung S Pen kini berukuran lebih kecil, hanya 0,7 mm sehingga lebih mirip ballpoint. Ini membuatnya lebih responsif saat digunakan dan mampu menghasilkan goresan tinta digital dengan ketebalan beraneka rupa.

Sebuah mode Air Command baru bisa memperbesar tampilan layar yang sedang berada di bawah ujung S Pen, layaknya kaca pembesar.

Mode baru lainnya yaitu Advance GIF Maker yang memungkinkan pengguna meng-capture video yang diinginkan, misalnya dari YouTube dan kemudian menggabungkan menjadi sebuah gambar bergerak.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com