Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diperbarui, "Pokemon Go" Punya Fitur Serupa, tetapi Tak Sama

Kompas.com - 09/08/2016, 14:59 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber Kotaku

KOMPAS.com - Belum sepekan Niantic merilis Pokemon Go versi 0.31, kini versi 0.33 teranyar sudah diluncurkan. Salah satu fitur yang ditambah bertajuk sightings.

Fitur tersebut lebih kurang serupa dengan fitur nearby yang dihilangkan pada versi 0.31. Kala itu beberapa pemain protes melalui forum online Reddit karena merasa nearby sangatlah dibutuhkan.

Dilansir KompasTekno, Selasa (9/8/2016) dari Kotaku, sightings dan nearby sejatinya bertujuan sama, yakni memberi sinyal bagi pemain bahwa Pokemon liar jenis tertentu sedang berada dekat dengan lokasi pemain.

Hanya saja, nearby menyematkan jejak kaki Pokemon pada layar permainan, sedangkan sightings tak lagi mematrikan tanda itu. Beberapa orang menduga Niantic menghilangkan jejak kaki karena lumayan besar membebani server Pokemon Go.

Selain itu, jejak kaki juga kerap tak akurat. Ketika pemain mendekati arah jejak kaki, sering kali tak ada Pokemon yang muncul. Hal ini seperti memberi harapan palsu pada pemain.

Perbedaan kedua, sightings menampilkan daftar Pokemon yang lebih sedikit. Hal ini dikarenakan sightings tak melipatgandakan jenis Pokemon di lamannya.

Diketahui, pada nearby, daftar Pokemon bisa sangat banyak. Misalnya, di satu daerah hanya ada Rattata, tetapi dalam jumlah banyak, maka nearby akan menampilkan daftar Rattata berulang-ulang.

Dari segi antarmuka, sightings memperlihatkan latar rumput di belakang jenis Pokemon liar. Belum jelas apakah sightings akan berumur panjang atau bakal dirombak kembali.

Niantic sepertinya masih mencari sistem yang paling tepat untuk memberi tahu para pemain bahwa monster-monster kecil berada di dekat mereka. Yang jelas, Anda bisa memperbarui aplikasi Pokemon Go versi 0.33 di Google Play Store atau Apple App Store.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Kotaku
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com