Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Exynos Baru Mampu Sentuh Kecepatan 4 GHz?

Kompas.com - 11/08/2016, 16:35 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Samsung sedang menguji chipset generasi terbarunya. Produk yang, mungkin, dinamakan Exynos 8895 dikabarkan mampu mencapai kecepatan sangat tinggi.

Berdasarkan pengujian awal, chipset itu dikatakan berhasil menembus kecepatan hingga 4 GHz.

Perlu dicatat, kecepatan itu paling maksimal yang bisa dicapai oleh chipset berarsitektur 10 nm tersebut. Nantinya, pada saat dirilis atau dipakai di ponsel ritel, kecepatan yang dihadirkan tidak akan secepat itu.

Sedangkan, masih berdasarkan bocoran hasil pengujian, inti pemrosesan terkecil pada Exynos 8895, yaitu Cortex A53, mencapai kecepatan 2,7 GHz. Exynos seri ini menggunakan arsitektur big.LITTLE dan memiliki beberapa inti pemrosesan, termasuk yang berukuran kecil.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Phone Arena, Kamis (11/8/2016), capaian kecepatan Exynos 8895 bisa dikatakan lebih tinggi sekitar 30 persen dibandingkan kecepatan  Exynos 8890. Chipset yang disebut belakangan pernah diuji dan bisa bekerja dengan kecepatan 3 GHz.

Menariknya dari hasil tersebut, Samsung berhasil mencapainya menggunakan chipset berteknologi 10 nanometer dan tidak memicu kerusakan apapun.

Selain itu daya yang digunakan pun disebut-sebut cukup rendah, setara dengan daya yang diperlukan Qualcomm Snapdragon 830 untuk berjalan di kecepatan 3,6 GHz.

Seperti diketahui, semakin kencang kinerja sebuah chipset, maka panas yang dihasilkan makin tinggi dan berpotensi merusak, jika tidak ditangani dengan benar. Ada potensi terjadi overheat atau kelebihan panas.

Masalah overheat seperti itu pernah terjadi pada chipset Qualcomm Snapdragon 810. Namun bukan berarti tidak ada solusi, toh masalah overheat pada prosesor buatan Qualcomm itu pun akhirnya teratasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com