Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Augmented Reality" Jadi Inti Pengembangan Produk Apple

Kompas.com - 15/08/2016, 17:23 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa saat lalu CEO Apple, Tim Cook, mengatakan pabrikan Cupertino itu sedang berinvestasi pada teknologi augmented reality (AR). Teknologi realitas tertambah itu tersemat pada game Pokemon Go.

Kini, Cook kembali sesumbar soal rencana Apple dengan AR. Tak cuma berinvestasi, Cook mengatakan AR bakal jadi teknologi inti dalam mengembangkan produk-produk Apple ke depannya.

"Kami sedang menggarap banyak hal (dengan AR)," kata Cook, sebagaimana dilaporkan TrustedReviews dan dihimpun KompasTekno, Senin (15/8/2016).

Ini adalah kali pertama Cook mengonfirmasi soal proyek AR. Sebelumnya, Cook hanya menyebut AR merupakan teknologi yang bakal berkembang pesat dan Apple sudah mulai berinvestasi untuk teknologi itu.

AR merupakan teknologi realitas tertambah di mana elemen-elemen virtual dari ranah maya bisa ditampilkan seakan menyatu dengan visual nyata. Teknologi ini berkembang seiring dengan maraknya virtual reality (VR).

Menurut sumber dalam, Apple mulai merekrut staf yang bakal bekerja khusus untuk mengembangkan AR. Belum dijabarkan berapa jumlah orang yang mengisi divisi khusus itu.

Beberapa nama kabarnya sudah didekati Apple. Salah satunya mantan engineer Microsoft HoloLens, Nick Thompson. Apple belum mau berkomentar banyak soal ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com