Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prosesor Desktop Intel “Kaby Lake” Meluncur Akhir Tahun Ini

Kompas.com - 18/08/2016, 10:16 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Intel bakal segera meluncurkan prosesor desktop terbarunya dari seru Core i generasi ke-7. Keluarga chip berkode nama “Kaby Lake” tersebut dipastikan bakal hadir menjelang akhir tahun ini.

Hal itu disampaikan oleh CEO Intel Brian Krzanich saat menyampaikan keynote dalam ajang Intel Developer Forum di San Francisco, AS, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Inquirer, Kamis (18/8/2016).

Kaby Lake dibekali pengolah grafis terintegrasi (GPU) yang lebih bertenaga dibandingkan milik prosesor generasi sebelumnya.

Di panggung, Krzanich sempat mendemonstrasikan kemampuan Kaby Lake menjalankan game FPS online populer Overwatch tanpa bantuan kartu grafis tambahan.

GPU baru di dalam Kaby Lake digadang-gadang bakal menjadi solusi terintegrasi untuk memutar video 4K. Dengan Kaby Lake, Intel mengklaim bahwa pemilik laptop kelas budget sekalipun bakal bisa menikmati konten video dengan resolusi tinggi tersebut.

Fitur lainnya mencakup dukungn codec HEVC 10-bit, Thunderbolt 3, HDCP 2.2, dan USB type-C.

Kaby Lake merupakan penerus keluarga prosesor sebelumnya, Skylake (Intel Core i Generasi ke-6). Prosesor baru ini masih diproduksi dengan teknologi fabrikasi 14nm

Krzanich mengungkapkan bahwa produk-produk laptop pertama yang berbasis Kaby Lake akan mulai memasuki pasar sekitar kuartal ketiga tahun ini.

Kemunculan Kaby Lake akan disusul oleh prosesor generasi berikutnya, dengan kode nama “Cannonlake”, pada paruh kedua 2017. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com