Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi Mobil Masa Depan, LeEco Siapkan Rp 39 Triliun

Kompas.com - 18/08/2016, 12:46 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - LeEco rupanya tak mau ketinggalan tren perusahaan teknologi yang melebarkan sayap ke industri otomotif lewat produk “mobil pintar”.  

Pabrikan elektronik dan gadget asal China yang sedang mencoba berekspansi ke pasar global itu berencana menanam modal 3 miliar dollar AS atau lebih dari Rp 39 triliun untuk membangun sebuah kompleks industrial.

Rencananya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Read Write Web, Kamis (18/8/2016), kompleks yang bakal dibikin di kota Huzhou itu nantinya akan berperan sebagai pusat pengembangan teknologi mobil listrik masa depan, alias tanpa sopir.

Fase pertama konstruksi diperkirakan akan dimulai akhir tahun ini atau awal tahun depan. Kompleks industri terkait akan mencakup area seluas 1.740 hektar dengan kapasitas produksi 200.000 unit mobil per tahun.

LeEco belum memberikan estimasi waktu soal pembangunan tahap kedua, tetapi memperkirakan kapasitas produksi kawasan itu pada akhirnya akan mencapai 400.000 unit mobil per tahun.

Pabrikan ini memiliki konsep mobil listrik tanpa sopir bernama LeSee. LeEco kini sedang dalam proses mengajukan izin produksi mobil listrik di China.

LeEco juga diketahui merupakan salah satu pemodal utama dari Faraday Future, perusahaan pengembang mobil listrik yang berbasis di Los Angeles, Amerika Serikat.

Di negeri asalnya, LeEco adalah korporasi besar yang menaungi berbagai jenis usaha berbeda, termasuk bisnis internet TV, elektronik, hingga cloud computing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com