Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Cara Baru Twitter Berantas "Bully"

Kompas.com - 19/08/2016, 13:30 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Twitter semakin gencar menyuarakan anti kekerasan dan diskriminasi. Mikroblog tersebut meluncurkan dua fitur baru untuk menepis lontaran kata-kata tak menyenangkan bagi pengguna.

Masing-masing fitur itu dinamai "Notifications Settings" dan "Quality Filter", sebagaimana tertera pada blog resmi Twitter dan dihimpun KompasTekno, Jumat (19/8/2016).

Notifications Setting memungkinkan pengguna untuk membatasi notifikasi yang masuk. Anda tak harus melihat semua mention yang ditujukan, melainkan hanya dari orang-orang yang di-follow.

Untuk mengaktifkan Notifications Settings, Anda hanya perlu membuka laman notifikasi. Di situ bakal muncul pilihan on atau off fitur tersebut.

Selanjutnya adalah Quality Filter. Fitur ini sejatinya sudah diperkenalkan sejak tahun lalu untuk beberapa akun terverifikasi. Kini, fitur ini mulai diboyong untuk umum.

Ketika mengaktifkan Quality Filter, Twitter akan menyaring notifikasi yang diterima berdasarkan sinyal beragam, misalnya kredibilitas akun dan karakter kicauan akun itu.

Kicauan yang bersifat duplikat atau konten otomatis akan terhindar dari tab notifikasi Anda maupun pengalaman lain menjajal Twitter. Jika kicauan yang ditujukan bersifat orisinil dan tak berkaitan dengan cemooh, Anda tetap bisa melihatnya meski tak mengikuti akun yang bersangkutan.

Dua fitur di atas diharapkan memperbaiki pengalaman menjajal Twitter. Anda bisa mengaktifkan keduanya atau memilih salah satu berdasarkan kebutuhan.

Jika Anda main Twitter hanya untuk berhubungan dengan orang-orang yang Anda follow, maka Notifications Settings akan jadi pilihan tepat.

Jika Anda ingin mengobrol dengan masyarakat luas tanpa menerima kata-kata kasar dan mention tak jelas, Quality Filter pun bisa jadi opsi.

Pembaruan ini diluncurkan perlahan. Jika belum mendapatkannya, Anda harus sedikit bersabar hingga beberapa waktu ke depan. Pastikan Anda mengunduh versi teranyar Twitter di Android atau iOS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com