Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Foto Pertama yang Hampir Lenyap Ditelan Bumi

Kompas.com - 21/08/2016, 13:07 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com — Pada era foto instan dengan smartphone seperti sekarang, pernahkah terpikir bahwa sebuah foto pernah begitu sulit untuk dibikin sampai-sampai memakan proses selama delapan jam?

Itulah foto pertama di dunia yang diambil oleh Nicephore Niepce, salah satu pelopor fotografi, di Perancis, antara tahun 1826 hingga 1827 atau sekitar 190 tahun yang lalu.

Foto berjudul "Pemandangan dari Jendela di Le Gras" ini pernah hampir lenyap ditelan bumi setelah menghilang pada tahun 1905, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Business Insider, Minggu (21/8/2016).

Selang hampir lima dekade kemudian, pada 1952, sejarawan foto, Helmut Gernsheim, menemukannya teronggok dalam sebuah kotak tak bertanda, dalam gudang rumah seorang keturunan dari pemilik sebelumnya.

Sesuai judulnya, sang foto memperlihatkan bagian bangunan dan lingkungan sekeliling yang tampak dari rumah milik Niepce, Le Gras.

Rebecca A. Moss, Coordinator of Visual Resources and Digital Content Library View from the Window at Le Gras, foto pertama di dunia karya Nicephore Niepce

Niepce memakai pelat timah yang dilapis Bitumen of Judea (sejenis aspal yang timbul secara alami di alam).

Pelat ini lantas ditaruh di dalam camera obscura, alat sederhana berupa kotak tertutup yang diberi lubang kecil di satu sisinya.

Cahaya yang masuk dari lubang itu terproyeksi (secara terbalik) pada pelat timah. Setelah menunggu selama delapan jam, bagian bitumen yang terkena cahaya mengeras, sementara sisanya tetap lunak dan bisa diluruhkan dengan memakai cairan llavender. Foto pertama di dunia pun tercipta.

Metode penciptaan foto dengan camera obscura dan bitumen tersebut muncul setelah Niepce berulang kali melakukan eksperimen secara trial and error. Dia menyebut temuannya sebagai "heliography" atau teknik "menulis dengan cahaya".

Pada waktu kemudian, Niepce bekerja sama dengan pionir fotografi lainnya, Louis Daguerre, untuk mengembangkan heliography. Setelah kematian Niepce pada 1833, Daguerre meneruskan penelitian hingga akhirnya menelurkan teknik daguereotype yang memopulerkan fotografi di kalangan publik pada 1839.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com