Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Depan, Samsung Jual "Smartphone" Rekondisi Resmi?

Kompas.com - 22/08/2016, 16:40 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber Reuters

KOMPAS.com - Samsung dikatakan bakal meluncurkan program penjualan smartphone premium rekondisi. Program ini kabarnya sudah akan dimulai pada awal tahun depan.

Informasi tersebut dibeberkan langsung oleh sumber internal Samsung kepada media Reuters, sebagaimana dikutip KompasTekno, Senin (22/8/2016).

Menurut sang sumber, Samsung akan me-refurbish smartphone high-end miliknya, seperti seri Galaxy S dan Note, yang dikembalikan oleh pelanggan pengikut program upgrade satu tahun.

Samsung kemudian akan menjual smartphone rekondisi tersebut dengan harga yang lebih murah. Sumber yang tidak mau disebut namanya itu tidak menjelaskan detail perbedaan harga ponsel rekondisi tersebut.

Untuk tahap awal, program ini akan diterapkan di dua negara, yakni di negara asal Korea Selatan dan Amerika Serikat.

Langkah itu dikatakan Reuters sebagai upaya Samsung untuk mempertahankan momentum setelah lini bisnis ponselnya kembali mencetak untung dengan cara restrukturisasi lini produk.

Pertumbuhan ponsel yang melambat membuat Samsung harus bisa memaksimalkan pengeluaran dan menjaga agar margin operasional di atas 10 persen.

Samsung tidak bersedia memberikan komentar akan kabar ini. Menurut Samsung, pihaknya tidak ingin menanggapi kabar yang masih berupa spekulasi.

Rival Samsung, Apple, sebenarnya telah melakukan strategi serupa. Apple telah menjual iPhone rekondisi di sejumlah pasar termasuk di Amerika Serikat.

Menjual ponsel rekondisi juga dikatakan oleh lembaga analis bisa membantu Samsung melawan rival-rivalnya dari China yang kian menggerogoti pangsa pasar secara global.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com