Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Sebar Android Nougat, Ini Daftar Perangkat yang Kebagian

Kompas.com - 23/08/2016, 08:16 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Google mulai menyebar Android Nougat 7.0 versi publik, Selasa (23/8/2016). Sistem operasi itu bisa diunduh melalui metode over-the-air (OTA) di beberapa perangkat tertentu.

Beberapa perangkat yang dimaksud tak lain adalah Nexus 6P, Nexus 5X, Nexus 6, Nexus 9, Nexus Player, Pixel C, dan Android One.

Smartphone Nexus dan Android One memang selalu menjadi yang pertama merasakan hal-hal baru dari Google. Tak mengejutkan sebab keduanya dikembangkan di bawah pengawasan Google sendiri.

Baca: Android Marshmallow Baru Bisa Dekati Jelly Bean

Penyebaran Android teranyar ke lini Nexus dipastikan rampung dalam beberapa minggu ke depan, sebagaimana dilaporkan AndroidAuthority dan dihimpun KompasTekno, Selasa (23/8/2016).

Per hari ini, hanya segelintir pengguna beruntung yang mendapat giliran paling awal. Untuk mengetahui detail desain dan fitur Android Nougat, Anda bisa mengecek laman ini di situs resmi Android.

Beberapa fitur utama mencakup penambahan 72 emoji baru, penyetelan beberapa bahasa lokal sekaligus, multi-window view, API Vulkan untuk gamers, serta beberapa aplikasi default dan fitur lainnya yang diharapkan mempermudah aktivitas sehari-hari.

Baca: Resmi, Android N Menyandang Nama Nougat

Anda bisa mengecek apakah Nexus Anda sudah menyediakan Android Nougat atau tidak. Caranya cukup pilih "Settings" lalu "About Phone" kemudian tekan opsi "Software Update".

Ketika Nougat sudah tersedia, Nexus Anda akan segera mengunduhnya. Sebelumnya, pastikan Anda telah menyalin (back-up) dokumen-dokumen penting.

Bagaimana dengan perangkat berbasis Android di luar kedua seri itu? Pembaruan tersebut tergantung kepada masing-masing produsen perangkat.

Para produsen biasanya menghadirkan beberapa penambahan fitur bikinan sendiri, sebelum merilis Android baru di perangkatnya. Selain itu, produsen juga harus mengecek, apakah Android baru bisa berjalan optimal di perangkatnya atau tidak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com