Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mana Lebih Kencang, iPhone 6s atau Galaxy Note 7?

Kompas.com - 23/08/2016, 10:45 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Selain menguji ketahanan banting (drop test) pada iPhone 6s dan Galaxy Note 7, PhoneBuff juga menguji kecepatan (speed test) dua flagship dari Apple dan Samsung itu.

Hasilnya telak, iPhone 6s menang dari Galaxy Note 7. Hal ini berbanding terbalik dengan drop test, di mana Galaxy Note 7 mampu membuktikan keunggulan fisiknya dibandingkan iPhone 6s.

Baca: Dibanting, Lebih Kuat Galaxy Note 7 atau iPhone 6s?

Galaxy Note 7 butuh waktu dua menit empat detik untuk meluncurkan 14 aplikasi dan memutar video. Sementara iPhone 6s hanya butuh 21 detik untuk melakukan hal serupa.

Hal ini terbilang ironis, sebab iPhone 6s lebih lawas ketimbang Galaxy Note 7. Flagship Apple itu menggunakan prosesor berusia sekitar satu tahun dan cuma menggunakan RAM 2GB.

Di lain sisi, Galaxy Note 7 baru diluncurkan beberapa minggu lalu dengan prosesor berusia enam bulan. Phablet penunjang produktivitas itu juga mematrikan RAM jumbo 4GB.  

Lebih lawas, kenapa iPhone 6s bisa menang?

Menurut PhoneBuff, kemenangan Apple tak lepas dari sinkronisasi yang maksimal pada software dan hardware-nya. Android sendiri merupakan sistem operasi banyak perangkat sehingga sejumlah hardware terfragmentasi dan berpengaruh pada kinerja.

Perlu digarisbawahi, pengujian PhoneBuff tak mengindikasikan performa atau produktivitas mutlak kedua ponsel. Tak ada pengguna yang membuka aplikasi sebanyak itu dalam satu waktu bersamaan.

Baca: Ketika Galaxy Note 7 Disiksa

Paling penting, pengujian ini tak meliputi fitur-fitur andalan Galaxy Note 7 seperti layar terpisah (split screen) dan tiga fitur utama S Pen: Translate, Magnify, dan Glance.

Lebih detail, berikut pengujian yang dilakukan PhoneBuff, sebagaimana tertera pada channel YouTube PhoneBuff yang diambil KompasTekno, Selasa (23/8/2016) dari TheNextWeb.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com