Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Android Nexus Akan Punya Penghemat Kuota Data

Kompas.com - 26/08/2016, 13:32 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Maraknya aplikasi berbasis video berkontribusi terhadap borosnya pemakaian data. Untuk menghematnya, Google bakal meluncurkan fitur baru bertajuk "Wi-Fi Assistant" untuk pengguna Nexus.

Fitur penghemat data ini awalnya merupakan Project Fi milik Google yang bertujuan menghadirkan internet murah di beberapa kawasan. Mulanya, Wi-Fi Assistant hanya eksklusif sebagai fitur pengguna jaringan Project Fi.

Karena tuntutan penghematan data menjadi masif, Google pun menghadirkannya untuk pengguna Nexus yang lebih meluas. Google menjanjikan akan memboyong fitur itu secara perlahan hingga ke seluruh pengguna Nexus di dunia.

Mekanismenya sederhana, Wi-Fi Assistant memberi notifikasi tiap kali pengguna berada dalam cakupan Wi-Fi. Pengguna bisa beralih dari pemakaian data ke koneksi Wi-Fi publik secara otomatis, bahkan tanpa disadari oleh mereka (seamless). Dengan demikian, pemakaian kuota data dari operator seluler bisa lebih dihemat lagi.

"Jaga koneksi Anda berkecepatan tetap, tapi tagihan data murah," begitu tertera di blog resmi Google, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Jumat (26/8/2016).

Meski sudah sesumbar lewat blog resminya, Google masih enggan memberi tahu tanggal pasti peluncuran fitur tersebut. Raksasa mesin pencari itu hanya berjanji akan merilisnya dalam update OS perangkat Nexus dalam beberapa minggu ke depan.

Sebagai awal, fitur ini hanya tersedia di beberapa negara meliputi Amerika Serikat, Kanada, Meksiko, dan Inggris. Belum jelas kapan pengguna Nexus di Tanah Air bisa menjajal kenikmatan serupa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com