Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbarui iOS iPhone dan iPad Saat Ini Juga

Kompas.com - 29/08/2016, 10:57 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Apple mengimbau pengguna iPhone dan iPad untuk memperbarui iOS ke versi teranyar 9.3.5 saat ini juga. Pasalnya, OS mobile itu sudah dilengkapi tambalan untuk kerentanan keamanan serius.

Beberapa hari lalu, terungkap celah berbahaya pada iOS 9 versi sebelumnya. Celah itu meliputi kemungkinan pengeksekusian kode sewenang-wenang, akses ke kernel memori, dan akses ke hak-hak khusus kernel.

Ketika dikombinasikan, tiga celah utama itu memungkinkan penjahat cyber melakukan jailbreak yang merugikan pengoperasian perangkat, sebagaimana dilaporkan TheVerge dan dihimpun KompasTekno, Senin (29/8/2016).

Setelah di-jailbreak, si penjahat cyber bisa menanamkan program jahat, membuka pesan yang terenkripsi, mendeteksi pergerakan smartphone, dan mengakses microphone perangkat secara diam-diam.

Celah itu sendiri ditemukan oleh firma keamanan Citizen Lab dan Lookout. Mereka melaporkannya ke Apple, sehingga pabrikan Cupertino itu segera memperbaikinya melalui versi 9.3.5.

Apple Ilustrasi iOS 9.3

Diketahui, saat ini beberapa pengembang sedang menguji coba sistem operasi iOS 10. Pertanyaannya, apakah celah dari iOS 9 terlanjur terbawa ke iOS uji coba itu?

Juru bicara Apple menampiknya. Menurut dia, selama penguji versi beta menginstal versi terbaru iOS 10, celah pada iOS 9 sebelumnya tak bakal terbawa.

"Eksploitasi celah keamanan sudah diperbaiki di iOS 10 terbaru," kata dia.

Bagi Anda yang belum memperbarui iOS ke versi 9.3.5, sebaiknya segera masuk ke "Settings" dan tekan tombol "Update" atau buka tautan ini. Jangan sampai kerentanan versi iOS 9 terlanjur membuat perangkat Anda "disusupi" orang lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com