Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Surat Keberatan Telkomsel soal Interkoneksi Belum Direspons Kominfo

Kompas.com - 30/08/2016, 09:01 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua operator "ibu-anak", Telkom dan Telkomsel, sudah lima kali mengirim surat keberatan ke Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) terkait keputusan penurunan tarif interkoneksi rata-rata 26 persen.

Hal tersebut disampaikan Direktur Utama PT Telkom Indonesia, Alex Sinaga, dalam RDP Komisi 1 DPR RI, Kamis (25/8/2016) pekan lalu, di Gedung Nusantara II, Komplek DPR Senayan, Jakarta.

"Telkom dan Telkomsel bersamaan mengirim surat tapi tidak ada balasan," kata dia.

Lima surat tersebut masing-masing tertanggal 3 Juni 2016, 14 Juni 2016, 30 Juni 2016, 11 Agustus 2016, dan 12 Agustus 2016.

Tiga surat pada bulan Juni dilayangkan pasca Menkominfo Rudiantara menyampaikan ke seluruh CEO operator seluler bahwa biaya interkoneksi akan diturunkan 26 persen dan berlaku simetris alias sama rata.

Alih-alih membalas tiga surat dari Telkom dan Telkomsel, Rudiantara malah mengeluarkan Surat Edaran No. 1153/M.Kominfo/PI.0204/08/2016 pada 2 Agustus lalu. Isi Surat Edaran itu menguatkan informasi yang disampaikan Menkominfo sebelumnya.

Baca: Kemenkominfo Tetapkan Tarif Interkoneksi Baru

Surat Edaran tersebut belum disahkan secara hukum. Ketuk palunya dijadwalkan pada 1 September 2016 mendatang.

Dua operator pelat merah itu pun kembali melayangkan surat keberatan pada 11 dan 12 Agustus 2016. Menurut pengakuan Alex dan Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah, dua surat itu juga tak mendapat respons.

Selain lewat surat, Alex mengatakan telah mengajukan keberatan secara lisan ke Rudiantara. Menteri yang kerap disapa RA tersebut, kata Alex, hanya menganjurkan Telkom dan Telkomsel untuk menyurat secara resmi.

Hingga Senin (29/8/2016) lalu, surat dari Telkom dan Telkomsel masih belum digubris. Konfirmasi itu didapat dari VP Corporate Communication Telkomsel, Adita Irawati.

"Surat belum dibalas," kata Adita kepada KompasTekno via pesan singkat.

Pertemuan di kantor Kominfo

Senin (29/8/2016) lalu juga diadakan pertemuan antara Menkominfo dengan para perwakilan operator seluler membahas interkoneksi. Pertemuan itu dibagi menjadi dua sesi dan dilangsungkan secara tertutup di lantai 7 Gedung Kemenkominfo, Jakarta Pusat.

Sesi pertama antara Kemenkominfo, Telkomsel, dan Telkom. Sedangkan sesi kedua dilakukan bersama XL, Indosat, Smartfren, dan Tri.

Saat ditemui KompasTekno usai sesi pertama, Ririek enggan berbicara banyak. Ia meminta agar menunggu pernyataan dari Menkominfo saja.

Halaman:

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com