Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur "Contekan" di Instagram Laris Manis

Kompas.com - 30/08/2016, 14:04 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Instagram Stories, fitur yang secara blak-blakkan diakui sebagai tiruan Snapchat, telah sukses memikat banyak pengguna. Setidaknya berdasarkan klaim, pengguna fitur tersebut sudah tembus 100 juta orang.

Angka ini dicapai dengan cara membuat sebuah kolom baru yang disematkan di bagian teratas menu Explore. Posisi tersebut merupakan tempat yang sangat strategis karena merupakan salah satu bagian yang paling sering dikunjungi pengguna.

“Ada orang yang menganggap menu Explore ini sebagai tujuan utama saat membuka Instagram. Beberapa orang lain menganggap kunjungannya ke sana sebagai kegiatan penutup,” jelas Director of Product Management Instagram, Blake Barnes, sebagaimana dilansir KompasTekno dari The Next Web, Selasa (30/8/2016).

Kolom Stories di bagian menu Explore tersebut menampilkan konten yang berbeda. Isinya berupa momen-momen, baik foto atau video singkat, hasil tangkapan pengguna dari berbagai belahan dunia. Bukan sekadar momen milik akun tertentu yang diikuti oleh pengguna.

Menu Explore memang dibuat untuk membantu pengguna mengenal akun baru dan menemukan lebih banyak foto yang relevan dengan minatnya. Akun yang direkomendasikan dalam menu Explore merupakan hasil saringan algoritma, dengan memperhitungkan berbagai like dan followers Anda.

Untuk diketahui, setelah meluncurkan fitur bernama Stories, Systrom secara blak-blakkan menyatakan mendapat inspirasi dari Snapchat.

“Mereka (Snapchat) seutuhnya pantas mendapatkan pujian ini,” ujar Systrom awal bulan ini.

Baca: Bos Instagram Mengaku “Nyontek” Snapchat

Fitur baru tersebut dirilisnya agar pengguna mendapatkan pilihan baru dan lebih aktif memakai media sosial tersebut. Stories sendiri punya karakter berbeda dengan linimasa utama Instagram.

Di dalam Stories, pengguna diajak menampilkan sembarang momen, cenderung biasa saja, dalam bentuk slide berdurasi 10 detik. Sedangkan linimasa Instagram merupakan wadah yang kerap kali menuntut pengguna mengunggah foto terbaiknya, bukan sembarang momen

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com