Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Bakal Pensiunkan Android Nexus?

Kompas.com - 31/08/2016, 13:44 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber 9to5Google

KOMPAS.com - Setelah menelurkan tujuh generasi smartphone dan tablet, Google dikabarkan bakal berhenti menggunakan nama brand Nexus. Kabar itu diperkuat bocoran gambar dua perangkat teranyar Google, Sailfish dan Marlin.

Pada gambar, terlihat bahwa bodi ponsel selanjutnya tak lagi bertuliskan Nexus. Sailfish dan Marlin hanya mematrikan logo huruf "G" yang simpel.

Menurut sumber dalam, hal ini tak berarti Nexus akan dilengserkan untuk selamanya. Hanya saja, tahun ini Google agaknya memilih mengistirahatkan Nexus, sebagaimana dilaporkan 9to5google dan dihimpun KompasTekno, Rabu (31/8/2016).

Rumor lainnya menyebut bahwa perangkat Google selanjutnya menggunakan sistem operasi Android yang lebih fleksibel untuk dimodifikasi. Beberapa elemen antarmuka Nexus Launcher akan diubah dan lebih menonjolkan fitur Gooogle Assistant.

Diketahui, Sailfish dan Marlin merupakan dua perangkat Google yang dibuat oleh HTC. Beberapa bocoran soal duo tersebut sudah menguak di ranah maya.

Marlin disebut mengusung layar 5,5 inci (2.560 x 1.440 piksel). Ponsel ini dibekali chipset Qualcomm Snapdragon 820, RAM 4 GB, sistem operasi Android 7.0 Nougat, serta baterai berkapasitas 3.450 mAh. Kameranya mengandalkan sensor berkualitas 13 megapiksel dan 8 megapiksel.

Sementara itu, Sailfish dikatakan berukuran lebih kecil, yaitu 5 inci (2.560 x 1.440 piksel) dan baterai 2.770 mAh. Selain baterai dan ukuran layar, Sailfish diduga memiliki spesifikasi prosesor, RAM dan memori internal yang sama.

Marlin kemungkinan akan mengusung materi logam sebagai bahan dasar bodinya, sementara itu Sailfish disebut menggunakan materi plastik.

Segala rumor itu belum bisa dipastikan hingga kedua lini benar-benar diluncurkan. Kemungkinan duet tersebut bakal meluncur pada Oktober mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber 9to5Google
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com