Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengintip Kotak Kemasan Galaxy Note 7

Kompas.com - 01/09/2016, 19:15 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Galaxy Note 7 telah melalui masa pre-order di Indonesia pada 5 Agustus hingga 21 Agustus lalu. Belakangan, tanggal pengambilan unit ditunda dari awalnya hari ini, 1 September, menjadi 17 September.

Samsung rupanya kesulitan memenuhi animo konsumen yang jauh melebihi perkiraan. Penundaan serupa juga terjadi di negara-negara lain di luar Indonesia.

Baca: Galaxy Note 7 Batal Datang 1 September, Ini Kata Samsung Indonesia

Meski demikian, KompasTekno masih cukup beruntung memperoleh Galaxy Note 7 yang terbungkus dalam kemasan ritel.

Perlu ditambahkan bahwa Galaxy Note 7 yang dikirimkan Samsung ke KompasTekno sebenarnya bukan unit ritel untuk pasar Indonesia.

Oleh karena itu, terdapat perbedaan seperti charger yang menggunakan colokan listrik berkaki tiga. Charger untuk Galaxy Note 7 dalam kemasan ritel di Indonesia bakal menggunakan colokan listrik standar dengan dua kaki.

Di luar perbedaan tersebut, kelengkapan lain seharusnya tetap sama. Nah, apa saja yang disertakan Samsung dalam kemasan Galaxy Note 7? Simak penelusurannya dalam rangkaian foto di bawah.

Oik Yusuf/ KOMPAS.com Kotak kemasan Galaxy Note 7 tampil serupa dengan dua saudaranya yang lebih dahulu muncul, Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge. Kemasan ini berbentuk persegi panjang sesuai ukuran ponsel, dengan warna dasar hitam dan deretan huruf emboss mengikap yang menerangkan perangkat di dalamnya.

Oik Yusuf/ KOMPAS.com Unit Galaxy Note 7 tersimpan di dalam kotak yang ditutup dengan memakai engsel magnet. Smartphone ini akan langsung menyambut begitu kotak dibuka. Tentu, dengan keadaan masih dimatikan.

Oik Yusuf/ KOMPAS.com Di bawah unit ponsel, terdapat kemasan kecil berisi sejulmlah booklet panduan pemakaian dan keterangan garansi, berikut alat khusus untuk mengeluarkan laci SIM card seperti biasa.

Oik Yusuf/ KOMPAS.com Kelengkapan-kelengkapan lain tersimpan di dasar kotak kemasan, dalam kompartemen-kompartemen yang disusun rapi menurut bentuk masing-masing aksesori.

Oik Yusuf/ KOMPAS.com Inilah charger Galaxy Note 7 dalam kemasan ritel yang diterima KompasTekno (kiri). Colokan listriknya terlihat berkaki tiga. Pembeli di Tanah Air nanti akan mendapatkan versi charger untuk wilayah Indonesia yang berkaki dua. Unit earphone untuk Galaxy Note 7 tersimpan dalam kotak plastik transparan, seperti Galaxy S7 dan S7 Edge.

Oik Yusuf/ KOMPAS.com Lagi-lagi mirip dengan Galaxy S7 dan S7 Edge, Samsung turut menyertakan adapter USB on-the-go (OTG) untuk menancapkan perangkat USB ke Galaxy Note 7. Bedanya, ujung konektor ke smartphone kini menggunakan standar USB Type-C. Aksesori ini juga bisa dipakai untuk melakukan restorasi file dengan menghubungkan ponsel lama ke Galaxy Note 7 dan mengikuti panduan yang disediakan. Alat lain yang berukuran lebih kecil di sebelah kanan adapter OTG adalah konverter micro USB to USB Type-C. Pemilik Galaxy Note 7 bisa memasang aksesori ini di ujung kabel micro USB (misalnya untuk charger) sehingga dapat ditancapkan ke Galaxy note 7.

Oik Yusuf/ KOMPAS.com Dua aksesori lain yang wajib hadir untuk seri Galaxy Note adalah pena stylus S Pen yang kini telah mencapai generasi terbaru dengan sensitivitas lebih tinggi (kanan). Ada juga plastik kecil berisi sejumlah ujung pena cadangan, berikut alat dari logam untuk melepas ujung S Pen.

Oik Yusuf/ KOMPAS.com S Pen generasi terbaru milik Galaxy Note 7 memiliki ujung lebih kecil dan rentang sensitivitas yang lebih tinggi terhadap tekanan, mencapai 4096 tingkat sehingga diklaim memberikan pengalaman yang semakin mirip menulis dengan pena sungguhan. Seperti unit Galaxy Note 7 tempatnya terpasang, pena S Pen ini juga dirancang tahan air dan debu.
Oik Yusuf/ KOMPAS.com Tampak depan unit Galaxy Note 7. Di bagian atas layar, sejajar dengan kamera depan, terdapat iris scanner yang memindai mata pengguna untuk membuka kunci perangkat.

Oik Yusuf/ KOMPAS.com Sisi belakang Galaxy Note 7, masih terbungkus plastik transparan dari kemasan ritel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com