Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lenovo Pasang Kanvas Digital di Laptop Yoga Book

Kompas.com - 02/09/2016, 09:07 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Lenovo meluncurkan perangkat hibrida yang tak cuma menggabungkan fungsi laptop dan tablet, melainkan juga kanvas digital di laptopnya. Perangkat tersebut oleh Lenovo diberi nama Yoga Book.

Produk yang diluncurkan bersamaan dengan ajang IFA 2016 di Jerman tersebut bisa dibilang sebagai inisiator dalam inovasi ini, sebagaimana dilaporkan TheVerge dan dihimpun KompasTekno, Jumat (2/9/2016).

Seperti lini Yoga lainnya, tubuh Yoga Book juga bisa dilipat ke depan dan ke belakang. Ketika dilipat ke belakang, Yoga Book bakal menjalankan fungsi pertama sebagai tablet.

Untuk fungsi kedua sebagai laptop, pengguna cukup membuka layar hingga 45 derajat layaknya membuka laptop standar. Selanjutnya, pengguna bisa mengetik seperti biasa pada keyboard Yoga Book yang berfungsi ganda.

Keyboard itu tak berbentuk fisik, melainkan tombol halus alias soft button. Nah, fungsi ketiga dimungkinkan inovasi pada keyboard tersebut.

Lenovo menyebut keyboard itu sebagai Create Pad. Landasan yang dibuat Wacom tersebut mampu berfungsi sebagai kanvas digital atau note digital. Untuk mencoretkan karya seni atau menulis catatan harian, Anda bisa memanfaarkan Stylus yang tersedia.

Pensil digital itu diklaim super sensitif sehingga pengguna bisa merasa benar-benar seperti menggambar atau menulis di atas kanvas atau kertas.

TheVerge Lenovo Yoga Book

Spesifikasi

Lenovo menghadirkan Yoga Book dalam dua varian berdasarkan sistem operasi. Varian pertama berjalan dengan Android Marshmallow dan dijual seharga 499 dollar AS atau setara Rp 6,6 jutaan.

Sementara itu, varian kedua yang menjalankan OS Windows 10 dipatok lebih mahal, yakni 549 dollar AS atau sekitar Rp 7,2 juta. Kedua versi memiliki kemampuan terhubung dengan internet melalui jaringan LTE.

Soal baterai, Lenovo mengatakan versi Android bisa bertahan hingga 15 jam, sementara versi Windows bertahan rata-rata 13 jam dengan pemakaian standar. Asumsi itu berangkat dari kapasitas baterai 8.500 mAh yang tersemat pada Yoga Book.

Spesifikasi lainnya mencakup layar 10/11 inci resolusi 1920x1200 piksel, RAM 4 GB, prosesor Intel Atom 5x, dan penyimpanan 64 GB. Anda bisa menambah kapasitas penyimpanannya dengan microSD.

Belum diketahui kapan Yoga Book akan dipasarkan Lenovo, terlebih untuk pengguna di Tanah Air.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com