Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Pabrikan "Smartphone" Terbesar di Indonesia

Kompas.com - 02/09/2016, 20:42 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com- Lembaga riset pasar IDC mencatat angka pengapalan smartphone di Indonesia selama kuartal-II 2016 meningkat 22 persen dibanding kuartal sebelumnya, atau 3,3 persen dibanding kuartal yang sama tahun lalu.

Tingginya pertumbuhan angka pengapalan didorong oleh masa belanja selama bulan Ramadhan, saat vendor smartphone memperbanyak stok barang demi memenuhi angka permintaan.

Dalam periode tersebut, Samsung, Oppo, dan Asus, duduk di posisi teratas dalam hal pengapalan produk terbesar di pasaran smartphone Indonesia.

Menurut keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Kamis (1/9/2016), pangsa pasar gabungan ketiga vendor mencapai 54 persen.

“Samsung dan Oppo menggelar kampanye pemasaran besar di channel ritel tradisional dan modern. Khusus untuk Oppo, pencapaiaannya bisa diatribusikan kepada brand ambassador yang populer di kalangan masyarakat Indonesia,” sebut Senor Market Analyst Client Devices IDC, Reza Haryo.

IDC Lima pabrikan smartphone terbesar indonesia pada kuartal-II 2016, menurut data IDC

Menurut IDC, produk Samsung yang paling laris selama Ramadan adalah smartphone seri Galaxy J. Sementara, Asus berhasil naik ke ranking ketiga setelah mengapalkan smartphone low-end Zenfone Go yang dibanderol murah.

Vendor smartphone lokal, Advan yang rajin menelurkan model-model ponsel 4G, duduk di urutan keempat dengan market share 8 persen.

Setelahnya menyusul Lenovo yang memiliki penguasaan pasar sebesar 6 persen, terutama lewat seri smartphone K4 Note buatannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com