Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Tampang iPhone 7 dan 7 Plus dari Berbagai Sisi

Kompas.com - 09/09/2016, 09:03 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Apple merilis iPhone 7 dan 7 Plus dengan fitur yang berbeda dibanding seri lainnya. Mulai dari perubahan desain, hingga soal port audio 3,5 milimeter yang benar-benar dihapus.

Soal ukuran dan resolusi layar, duo iPhone 7 ini masih sama dengan duo 6S pendahulunya. Sedangkan dalam desain bodi, terlihat sejumlah perbedaan.

Berikut ini, sebagaimana informasi yang dirangkum KompasTekno dari ArsTechnica, Jumat (9/9/2016), sejumlah penampilan dan desain iPhone 7 dan 7 Plus dari berbagai sisi.

Pada bagian depan, pengguna perlu memperhatikan dengan sangat detil agar mengetahui perbedaan antara iPhone 7 dan 6S. Keduanya memang berbeda generasi, tapi penampang depannya benar-benar terlihat mirip.

Pengguna baru akan merasakan beda kedua ponsel ini saat menyentuh tombol Home. Ya, Apple memang mengubah tombol Home di iPhone 7, bahkan bisa dikatakan menghilangkannya. (Baca: iPhone 7 dan 7 Plus Diresmikan, Anti-air dan Nihil Colokan Audio)

Kalau pada iPhone 6S tombol Home masih berupa tombol mekanik. Pada iPhone 7 tombol itu merupakan sebuah permukaan yang kinerjanya ditopang oleh Taptic Engine. Tak ada bunyi klik mekanik saat pengguna menyentuh atau menekannya; yang terasa hanya respon berupa getaran saja.


Letakkan iPhone 7 atau 7 Plus, lalu jajarkan dengan iPhone 6S atau 6S Plus. Maka Anda bisa dengan jelas melihat perbedaan dua generasi ponsel buatan Apple tersebut.

Pada iPhone 7, misalnya, Anda bisa menemukan bahwa di tepi atas dan bawah casing terlihat garis antena yang seolah hanya setengah saja. Ini merupakan desain baru.

Sebelumnya, pada 6S, garis antena itu terlihat lebih jelas. Bentuknya seolah sebuah kotak yang mengelilingi casing bagian atas dan bawah.

Selain soal garis, perbedaan casing belakang sangat jelas terlihat pada iPhone 7 Plus. Pasalnya seri ini dibekali dengan kamera berlensa ganda, wide (f/1.8) dan telephoto (f/2.8), sehingga bentuk kameranya terlihat sangat khas.


Sisi kanan dan kiri iPhone 7 dan 7 Plus punya desain yang sama dengan 6S atau 6S Plus. Pengguna akan menemukan tombol volume serta mode senyap di satu sisi, sedangkan tombol power dan slot kartu SIM ada di sisi lainnya.


Berikutnya, perhatikan bagian bawah iPhone 7 atau 7S, tepatnya pada port pengisian daya. Pada dua keluarga baru Apple ini, pengguna hanya akan menemukan grill speaker di  kanan dan kiri, serta port lightning di bagian tengahnya.

Ini desain yang berbeda dibanding seri iPhone 6S. Siapapun bisa menebak, perbedaannya adalah pada port audio 3,5 milimeter yang sudah dihapus.

Sebelumnya, pada iPhone 6S, port audio 3,5 milimeter diletakkan berderet dengan port lightning dan grill speaker.

Apple juga menawarkan pilihan warna baru untuk pengguna iPhone 7 dan 7 Plus. Pilihan tersebut adalah warna black atau hitam biasa dan jet black atau hitam glossy. Lengkapnya, warna-warni duo iPhone 7 bisa dilihat melalui gambar di bawah ini:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com