Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Direct Message" Twitter Jadi Mirip WhatsApp

Kompas.com - 09/09/2016, 10:46 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber TechCrunch

KOMPAS.com - Twitter merilis pembaruan layanan Direct Message (DM) di sejumlah wilayah. Pembaruan ini membuat fitur berkirim pesan pribadi itu terlihat lebih mirip aplikasi pesan instan, WhatsApp.

Kemiripan yang dimaksud, contohnya, terlihat pada adanya read receipts sebagai indikator bahwa pesan sudah dibaca lawan bicara. Saat pengguna mengobrol dalam grup DM Twitter pun akan muncul indikator “Seen by Everyone” setelah semua anggota grup melihat pesan yang dikirimkan. Twitter juga akan menampilkan status seseorang yang sedang mengetik pesan dalam DM.

Namun sebagaimana dilansir KompasTekno dari TechCrunch, Jumat (9/9/2016), pengguna diberi pilihan menon-aktifkannya (opt-out) fitur read receipts ini.

Selain soal read receipts yang mengindikasikan bahwa pesan sudah dibaca penerima, pengguna juga bisa melihat pratinjau halaman web, jika mengirimkan tautan (link) tertentu melalui DM Twitter.

Selama ini, read receipts dan fitur lain yang disebutkan di atas selalu ada dalam aplikasi pesan instan. WhatsApp, Facebook Messenger, Telegram, bahkan Blackberry Messenger pun memakai fitur tersebut.

Twitter baru saja merilis pembaruan untuk DM ini, sehingga belum semua pengguna bisa merasakannya. Perusahaan microblogging ini akan menyebarkannya ke berbagai pengguna di seluruh dunia secara bertahap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber TechCrunch

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com