Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benchmark Ungkap Jumlah RAM iPhone 7

Kompas.com - 12/09/2016, 07:19 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber 9to5mac

KOMPAS.com - Di antara sekian banyak hal baru yang diumumkan dalam acara peluncuran iPhone 7 dan iPhone 7 Plus, Apple tidak menjelaskan berapa persisnya kapasitas RAM yang dimiliki kedua perangkat.

Tapi misteri itu belakangan mulai terungkap dengan beredarnya sebuah bocoran benchmark Geekbench yang mencantumkan angka kapasitas RAM iPhone 7 Plus.

Dari sini, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari 9to5 Mac, Senin (12/9/2016), diketahui bahwa iPhone 7 Plus dibekali RAM 3 GB.

Sebelumnya iPhone 7 Plus memang ramai diprediksi bakal mengusung RAM dengan kapasitas tersebut, lebih tinggi dari iPhone 7 yang diduga hanya dibekali RAM 2 GB.

Baca: Ini Spesifikasi Lengkap iPhone 7 dan 7 Plus

9to5mac Screenshot Geekbench yang mengungkap kapasitas RAM iPhone 7 Plus.
Apabila benar, maka iPhone 7 Plus merupakan ponsel Apple dengan kapasitas RAM terbesar sejauh ini.

Tentang kinerjanya sendiri, meski salah membaca jumlah core prosesor A10 Fusion pada iPhone 7 Plus (quad-core, tapi hanya terbaca sebagai dual-core yang sedang aktif), Geekbench menunjukkan bahwa iPhone 7 Plus memiliki performa tinggi.

Baca: 10 Fusion, Otak iPhone 7 Punya 3,3 Miliar Transistor

Kinerjanya bahkan melewati tablet iPad Pro 12,9 inci yang dibekali RAM lebih besar (4 GB), baik dalam pengujian CPU single core maupun multi-core. Artinya, sesuai kata Apple, chip A10 Fusion lebih bertenaga dari A9X milik iPad Pro.

A10 Fusion dibekali empat core yang terdiri dari dua core berkinerja tinggi dan dua core irit daya. Keduanya bekerja secara bergantian.

Tugas berat seperti bermain game atau menjalankan benchmark ditangani kedua core berkinerja tinggi. Dua core hemat daya mengambil alih ketika ponsel sedang dipakai untuk kegiatan ringan seperti mengecek e-mail.

Baca: Perbandingan iPhone 7 dengan iPhone 6 dan 6S

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber 9to5mac
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com