Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Konfirmasi Baterai Galaxy Note 7 Akan Dibatasi

Kompas.com - 14/09/2016, 17:09 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Pihak Samsung melalui perwakilannya di Indonesia mengonfirmasi akan memberikan solusi sementara untuk mengatasi masalah baterai di Galaxy Note 7 yang rawan terbakar.

Solusi tersebut berupa update firmware yang akan membatasi kapasitas daya baterai dari semula 100 persen menjadi hanya 60 persen saja.

"Sebagai keamanan pelanggan adalah prioritas utama kami, kami telah mengembangkan perangkat lunak yang dapat membantu mengurangi risiko insiden dengan membatasi daya baterai maksimum 60 persen," tutur pihak Samsung melalui pesan singkat kepada KompasTekno, Rabu (14/9/2016).

Lebih lanjut, Samsung membeberkan bahwa peluncuran update firmware tersebut akan berbeda di tiap-tiap negara.

Baca: Ini Solusi Sementara Samsung Cegah Galaxy Note 7 Terbakar

"Adopsi update software bisa bervariasi oleh masing-masing pasar, tergantung situasi pasar dan kebutuhan lokal. Penerapan update software bisa bervariasi di setiap negara, tergantung pada situasi pasar," lanjut Samsung.

Tidak disebutkan alasan mengapa Samsung menetapkan batas aman charging di angka 60 persen. Kemungkinan, batas 60 persen itu ditetapkan sebagai batas aman daya baterai agar tidak terjadi korsleting yang menimbulkan percikan api.

Dengan pembatasan itu, daya baterai yang dimiliki Galaxy Note 7 akan berkurang menjadi 2.100 mAh saja dari kapasitas sebenarnya 3.500 mAh.

Daya tersebut diyakini Samsung cukup bagi pengguna yang terpaksa harus menggunakan perangkatnya untuk kebutuhan tertentu.

Update firmware ini ditujukan bagi pemilik Galaxy Note 7 versi lama yang belum ditukar atau belum mendapatkan unit pengganti dari Samsung yang dilengkapi dengan baterai yang tidak bermasalah.

Di Indonesia sendiri, Galaxy Note 7 belum dijual. Perangkat tersebut baru masuk ke masa pre-order, sebelum akhirnya proses pemesanan itu dibatalkan oleh pihak Samsung.

Baca: Pre-order Galaxy Note 7 Batal, Ini Ganti Rugi dari Samsung

Samsung telah memutuskan pembatalan seluruh pemesanan dalam pre-order Galaxy Note 7 di Indonesia. Ini berarti konsumen yang sudah memesan telah dibatalkan transaksinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com