Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Bukti WhatsApp Bakal Mirip Snacphat

Kompas.com - 15/09/2016, 13:30 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Snapchat agaknya menjadi inspirasi bagi layanan-layanan internet lain. Setelah Instagram dan Facebook, kini WhatsApp pun mengikuti jejak layanan berlogo hantu tersebut. Buktinya?

WhatsApp baru saja meluncurkan versi beta teranyarnya yang bisa dijajal segelintir pengguna beruntung. Dalam pembaruan versi 2.16.267 tersebut memiliki mekanisme foto dan video yang menyerupai fitur milik Snapchat.

Ketika pengguna menekan ikon kamera pada laman chatting, pengguna akan dihadapkan kepada antarmuka yang sama dengan versi lama. Perbedaan akan muncul ketika pengguna telah membidik objek tertentu.

Pantauan KompasTekno, Kamis (15/9/2016), antarmuka fitur foto pada WhatsApp versi beta kini membenamkan pilihan teks, goresan pena, dan stiker.

Hal ini serta merta mirip dengan antarmuka Snapchat. Bedanya, fitur foto di WhatsApp membenamkan pilihan memotong gambar alias crop yang tak terakomodir pada Snapchat.

Perbedaan lainnya adalah ketidakhadiran filter pada WhatsApp. Pengguna cuma bisa membubuhi foto dengan ragam stiker, tulisan, dan goresan warna-warni.

Flash layar

Fitur baru WhatsApp selanjutnya yang mirip Snapchat adalah front-facing flash alias flash layar. Fitur ini menyudahi kekhawatiran pengguna saat membidik selfie di malam hari atau pada kondisi minim cahaya.

Saat mengaktifkan flash layar, layar bakal mengeluarkan cahaya putih yang memberi penerangan tambahan ke wajah pengguna.

Video zoom dengan satu jari

Selain mekanisme foto, mekanisme video WhatsApp beta pun serupa dengan Snapchat. Pengguna WhatsApp bisa memperbesar lensa ketika sedang merekam objek.

Kemampuan zoom ini terakomodir hingga empat kali pembesaran. Pengguna cukup "mencubit" layar (pinch to zoom) dengan dua jari. Cubitan ke luar untuk memperbesar, sementara cubitan ke dalam untuk memperkecil objek.

WhatsApp Emoji lebih besar (sesuai kuantitas) pada WhatsApp terbaru versi beta.

Emoji diperbesar

Selain tiga fitur baru mirip Snapchat, WhatsApp beta juga menghadirkan pembaruan lain yang diharapkan mampu meningkatkan pengalaman pengguna dalam mengobrol maya.

Ada dua pembaruan signifikan, yakni ukuran emoji pada laman chatting yang lebih besar dan tautan langsung ke Telegram.

Semakin banyak emoji yang dibagi, semakin kecil ukuran yang bakal tersampaikan ke penerima. Ketika membagi satu emoji, ukurannya bakal nampak lebih besar dari ukuran normal.

Kemudian dua emoji semakin kecil, tiga emoji lebih kecil, dan empat emoji ke atas bakal mengusung ukuran standar seperti WhatsApp versi lawas.

Beranjak ke Telegram, pengguna kini bisa mengetik Telegram.com dan WhatsApp secara otomatis akan menjadikan ketikan itu sebagai tautan ke situs Telegram.

Belum jelas kapan versi beta ini akan diluncurkan secara resmi untuk semua pengguna WhatsApp. Kita tunggu saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com