Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baterai Ponsel Tiba-tiba Terbakar Setelah Pesawat Lepas Landas

Kompas.com - 18/09/2016, 12:10 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Baterai ponsel tiba-tiba terbakar di dalam pesawat Delta Air Lines 2557 pada Jumat (16/9/2016) pagi waktu setempat. Pesawat bertolak dari Norfolk, Virginia, AS, menuju Atlanta, Georgia, AS.

Awak pesawat mengatakan baterai yang meledak dalam keadaan terpisah dari ponsel. Belum ada keterangan lebih lanjut terkait jenis baterai maupun jenis ponsel. Sang pemilik baterai juga belum teridentifikasi, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Virginian-Pilot, Minggu (18/9/2016).

Insiden terjadi sekitar 15 menit pasca pesawat lepas landas. Seseorang memanggil awak pesawat untuk melihat api yang menyala di barisan kursi ke-34.

Penumpang yang duduk dua bangku dari tempat kejadian, Kristi Parrotte mengatakan, ia dalam keadaan setengah tidur ketika mencium bau asap. Saat membuka mata, ia melihat kabin sudah menghitam.

"Itu bukan api yang menyala besar, tapi lebih kepada asap yang pekat," kata dia.

"Kami semua bangun dari tempat duduk dan mencari asal asap sembari berusaha mematikannya," ia menambahkan.

Baca: Garuda Indonesia Juga Keluarkan Aturan untuk Galaxy Note 7

Penumpang yang membawa air berusaha melenyapkan sang muara api. Ada juga yang menyemprotkan gas pemadam kebakaran. Sementara itu, beberapa lainnya mengarahkan penumpang di kabin belakang untuk bergegas ke kabin depan.

Ada sekitar 20 orang yang pindah dari kabin belakang ke depan, dan akhirnya harus duduk di lantai. Total penumpang sendiri sebanyak 143 orang.

"Semua penumpang merespons cepat dan tahu harus berbuat apa," kata Parotte.

Api berhasil dipadamkan setelah beberapa menit. Tak ada yang terluka akibat kejadian tersebut.

Pihak Delta Air Lines meminta maaf kepada seluruh penumpang atas ketidaknyamanan yang terjadi. Mereka mengatakan bakal bekerja sama dengan lembaga-lembaga keamanan aviasi untuk menyelidiki kasus ini.

Belakangan, kasus ledakan ponsel dikaitkan dengan Samsung Galaxy Note 7. Pasalnya, sudah banyak insiden ledakan yang terjadi akibat masalah baterai pada flagship tersebut. Delta Air Lines sendiri belum bisa mengklaim kasus kali ini juga ulah seri Galaxy Note teranyar itu.

Baca: Otoritas Penerbangan Beri Kategori Baru untuk Galaxy Note 7

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com