Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Dikabarkan Tertarik Beli Pabrikan "Supercar" McLaren

Kompas.com - 22/09/2016, 07:46 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Apple dikabarkan berminat membeli produsen supercar asal Inggris, McLaren. Menurut informasi yang dirangkum KompasTekno dari Financial Times, Kamis (22/9/2016), Pabrikan iPhone tersebut telah mendatangi McLaren untuk berdiskusi mengenai kemungkinan akuisisi.

Diketahui, selama ini Apple dirumorkan sedang mengembangkan proyek mobil listrik swa-kemudi (driverless) secara diam-diam. Dengan mengakuisisi McLaren, maka hal itu akan menjadi sebuah investasi strategis bagi Apple.

McLaren sendiri berpengalaman mengembangkan konstruksi mobil dengan bahan unik seperti serat karbon dan aluminium, sekaligus sistem komputer on-board.

Beberapa sumber menyebutkan bahwa Apple tertarik untuk memiliki teknologi dan portofolio paten McLaren, berikut kemampuan engineering pabrikan mobil yang bersangkutan.

Apple diperkirakan bakal menawar McLaren senilai 1 miliar dollar AS hingga 1,5 miliar dollar AS (Rp 13 triliun-Rp 19,7 triliun).

Apple menolak berkomentar mengenai informasi soal kemungkinan akuisisi ini, sementara pihak McLaren mengeluarkan bantahan.

“McLaren tidak sedang berdiskusi dengan Apple soal potensi investasi apa pun,” sebut seorang juru bicara yang dikutip BBC. Namun, dia menambahkan bahwa McLaren secara rutin memang mengadakan “diskusi privat dengan banyak pihak”.

Sebelumnya, Apple diketahui menanam modal sebesar 1 miliar dollar AS di layanan transportasi berbasis Aplikasi di China, Didi Chuxing.

McLaren sendiri adalah pabrikan mobil sport super (supercar) dengan banderol mencapai jutaan dollar AS per unit. Perusahaan ini memiliki unit advanced technologies group untuk pengembangan teknologi dan sebuah tim yang berlaga di kompetisi Formula 1.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com