Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Situs BlackBerry "Bocor", Android Baru Terungkap

Kompas.com - 22/09/2016, 17:23 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber Crackberry

KOMPAS.com - BlackBerry santer dikabarkan bakal merilis tiga smartphone baru berbasis Android. Kabar tersebut kian pasti setelah perusahaan asal Kanada itu merilis satu perangkat bernama DTEK50.

Bagaimana dengan dua perangkat sisanya? Hingga saat ini, BlackBerry masih belum menunjukkan tanda apa pun tentang dua perangkat Android lainnya tersebut.

Baca: Inikah Tiga Android Terbaru BlackBerry Buatan China?

Namun, beberapa waktu lalu, sempat muncul bocoran informasi soal satu dari dua perangkat tersebut. Uniknya, bocoran itu datang dari server milik BlackBerry sendiri.

Informasi itu muncul dari halaman situs web yang seharusnya belum di-publish. Hal itu diketahui dari alamat URL situs yang diakhiri dengan kata "donotpublish.html".

Laman situs web tersebut memperlihatkan nama perangkat baru berbasis Android bikinan BlackBerry, lengkap dengan spesifikasinya.

Perangkat itu sendiri dinamakan DTEK60. Ya, ini tampaknya merupakan produk penerus dari DTEK50 yang dirilis pada penghujung Juli silam. DTEK60 sendiri digosipkan sebagai nama resmi dari perangkat BlackBerry yang sebelumnya mengusung nama sandi "Argon".

Berdasarkan laman situs yang sudah ditutup itu, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Crackberry, Kamis (22/9/2016), DTEK60 bakal menggunakan layar 5,5 inci dengan resolusi 2.560 x 1440, chipset Snapdragon 820 buatan Qualcomm, RAM 4 GB, dan media penyimpanan internal berkapasitas 32 GB.

Untuk urusan menjepret gambar, DTEK60 dilengkapi dengan kamera utama 21 megapiksel dan kamera depan 8 megapiksel. Ada juga baterai 3.000 mAh, port USB Type-C, dan sensor pemindai sidik jari.

Bocoran situs tersebut sayangnya tidak menampilkan gambar fisik DTEK60 sama sekali. Jika bocoran spesifikasi itu benar, DTEK60 akan hadir di segmen yang lebih atas dari DTEK50.

Baca: Ini Spesifikasi Lengkap Android Teraman BlackBerry DTEK50

BlackBerry Argon atau DTEK60 sendiri dikabarkan dikerjakan oleh Alcatel, perusahaan yang baru saja diakuisisi oleh perusahaan asal China, TCL.

Belum ada kabar kapan BlackBerry akan merilis DTEK60. Akan tetapi, menurut selentingan kabar, smartphone Android itu sudah akan dipamerkan di muka publik pada Oktober mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Crackberry
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com