Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Batal Kolaborasi dengan "YouTuber" di IdeaFest 2016

Kompas.com - 24/09/2016, 12:17 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Hari kedua festival kreatif Ideafest 2016 berlangsung tanpa hadirnya Presiden Joko Widodo (Jokowi), seperti yang sudah dijadwalkan sebelumnya.

Semula, Jokowi dijadwalkan untuk bicara mengenai bakat dan potensi anak muda untuk membawa Indonesia naik level, menjadi negara digital. Jadwal tersebut mestinya diselenggarakan pada pukul 10.10 WIB di Jakarta Convention Center (JCC).

Namun hingga sekitar pukul 10.45 WIB, tak kunjung terlihat ada tanda-tanda kedatangan Presiden. Beberapa menit berikutnya, acara pun dibuka oleh Festival Director IdeaFest 2016, Chaerany Putri.

"Dengan rendah hati kami sampaikan maaf karena Presiden tak bisa hadir. Mungkin beliau ada acara yang lebih penting," ujar Chaerany dari atas panggung IdeaFest 2016, Sabtu (24/9/2016).

"Namun, dengan ada atau tidak ada (Presiden Jokowi), kita melanjutkan acara ini," pungkasnya.

Jokowi sebelumnya dijadwalkan bakal berkolaborasi dengan beberapa YouTuber kondang Tanah Air, seperti diutarakan Chaerany di acara press conference IdeaFest minggu lalu.

"Kami akan pasangkan beliau (Jokowi) dengan salah satu YouTubers yang ada di Indonesia," ujar Chaerany saat itu.

Baca: Jokowi dan YouTuber Bakal Berkolaborasi di Ideafest 2016

Hingga acara dibuka, Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Triawan Munaf, pun tak kunjung terlihat. Mestinya Triawan dijadwalkan hadir dan membuka acara pada pukul 10.00 WIB.

Acara kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab dengan variasi topik mengenai industri kreatif Indonesia, sesuai dengan jadwal yang sudah dibuat. Agenda tanya jawab tersebut diisi oleh aktivis pendidikan sekaligus mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan.

Sekadar diketahui, Anies baru saja dipastikan maju dalam Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta sebagai calon gubernur. Anies berpasangan dengan pengusaha Sandiaga Uno sebagai calon wakil gubernur, dengan pengusung Partai Gerindra dan PKS.

Acara IdeaFest 2016 diselenggarakan sejak Jumat (23/9/2016) lalu dan berakhir hari ini. Di dalam acara terlibat total 190 pembicara dan sekitar 80 IdeaTalks, sebagai wadah berbagi ide serta ilmu dari bidang industri kreatif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com