Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengintip Teknologi dan Kamera Fujifilm di Photokina 2016

Kompas.com - 25/09/2016, 14:10 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

COLOGNE, KOMPAS.com - Sudah genap enam hari pameran industri fotografi Photokina 2016 digelar. Selama itu juga Fujifilm ikut serta menampilkan sejumlah teknologi dan produk terbaru mereka.

KompasTekno turut hadir di booth Fujfilm di ajang Photokina 2016, berikut adalah deretan teknologi dan kamera yang dipamerkan Fujifilm di booth-nya.

Hal utama yang dipamerkan Fujifilm dalam perhelatan internasional tersebut adalah eksistensi kamera medium format terbaru mereka. Kamera tersebut mengusung seri GFX 50S dan berpasangan dengan lensa berkode seri GF.

Meski mengusung sensor berukuran besar, kamera ini punya ukuran bodi yang tergolong kecil. Bodi Fujifilm GFX 50S ini setara dengan kamera DSLR full-frame buatan vendor lain, yaitu Canon EOS 5D Mark IV dan Nikon D810.

Yoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.com (ki-ka) Canon EOS 5D Mark IV, Fujifilm GFX 50S, Nikon D810

Yoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.com Keluarga lensa Fujinon GF terbaru ini dirancang khusus untuk kamera medium format Fujifilm GFX
Selain memamerkan GFX 50S sebagai jagoan utamanya, perusahaan asal Jepang ini juga memajang sejumlah solusi fotografi dan produk lain. Misalnya kamera mirrorless kelas pemula XA-3 yang akan rilis di Indonesia pada Oktober atau November mendatang dan lensa XF 23 milimeter f2.0 yang mulai di jual di Indonesia pada bulan September ini.

Yoga Hastyadi Widiartanto/KOMPAS.com Kamera Fujifilm X-A3 saat dipamerkan di Photokina 2016.

Yoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.com Lensa Fujinon XF 23 milimeter F2.0 ini sempat dipamerkan di Photokina 2016 dan baru saja mulai dijual di Indonesia
Selain itu ada juga kamera Instax Mini 70 dengan desain khusus hasil kolaborasi dengan sejumlah merek. Salah satunya adalah Instax Mini 70 x Colette, yang merupakan hasil kerja sama dengan perusahaan fashion Perancis Colette.

Yoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.com Deretan Fujifilm Instax Mini 70 dalam berbagai pilihan warna

Yoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.com Fujifilm Instax X Colette Mini 70
Kemudian ada juga seminar fotografi oleh sejumlah X-Photographer, sebutan untuk brand ambassador Fujifilm. Salah satunya, pada Minggu (25/9/2016), adalah Jonas Dyhr Rask yang bicara mengenai memotret di jalanan Eropa Utara.

Para pemakai kamera merek Fujifilm pun dimanjakan dengan fasilitas cetak foto gratis. Foto yang dicetak berukuran 8x12 inci, dan dibatasi satu lembar per orang. Pencetakan foto ini menggunakan solusi cetak Wonder Print Station yang baru saja diumumkan di Indonesia.

Yoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.com Counter tempat mencetak foto gratis bagi pengguna Fujifilm di Photokina 2016
Karya-karya para X-Photographer dari berbagai belahan dunia pun turut dipajang di Photokina 2016 ini. Karya tersebut ditempatkan di sebuah area khusus yang merupakan bagian dari booth Fujifilm.

Hari ini, Minggu (25/9/2016) merupakan hari terakhir pagelaran industri fotografi Photokina 2016. Acara yang merupakan wadah untuk memamerkan berbagai teknologi fotografi dan sinema terbaru ini akan diselenggarakan lagi pada dua tahun mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com