Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Pasang VPN di Browser Opera

Kompas.com - 25/09/2016, 19:18 WIB

KOMPAS.com - Opera secara resmi telah merilis fitur VPN gratis untuk browser desktop-nya untuk semua. Fitur ini sebelumnya hanya tersedia di browser desktop versi pengembang (developer).

VPN (virtual private network) adalah tool untuk membuat koneksi private dengan data yang dienkripsi. Tool ini sering dipakai untuk membuat alamat IP baru atau browsing internet secara anonim, sehingga biasa dipakai untuk menembus blokir internet di suatu negara.

Dalam keterangan tertulis Opera yang diterima KompasTekno, Minggu (25/9/2016), VPN yang ditanamkan di browser desktop Opera ini adalah VPN cerdas, yang diklaim bisa memilih lokasi server yang optimal berdasarkan faktor-faktor seperti kecepatan jaringan, waktu penangguhan, lokasi dan kapasitas server.

Lantas, bagaimana cara mengaktifkan fitur VPN di browser desktop Opera terbaru ini?

  • Unduh browser Opera untuk PC (desktop) di tautan berikut ini
  • Buka “Settings” (atau "Preferences" pada Mac).
  • Pilih "Privacy & Security"
  • Nyalakan VPN gratis
  • Ikon berlabel "VPN" akan muncul di browser di sebelah kiri field alamat URL, dari sini Anda dapat mengaktifkan VPN dan memilih lokasi pilihan Anda.


Ketika diaktifkan, VPN pada Opera untuk komputer akan membuat sambungan aman ke salah satu dari lima lokasi server Opera di seluruh dunia.

VPN memungkinkan pengguna untuk memilih lokasi mana yang akan muncul di internet untuk memberikan pengguna dukungan privasi online dan keamanan serta memudahkan akses konten.

Fitur VPN pada browser - yang didukung oleh SurfEasy, anak perusahaan Opera - memanfaatkan sambungan aman terenkripsi 256-bit AES ke lokasi VPN virtual dan layanan tanpa mendaftar, yang artinya baik Opera ataupun SurfEasy tidak akan menyimpan informasi tentang riwayat browsing pengguna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com