Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Viral, Foto Hillary Clinton Dipunggungi Para Pendukung

Kompas.com - 27/09/2016, 13:54 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber Mashable

KOMPAS.com - Hillary Clinton memasuki gedung di Orlando, Florida, AS, akhir minggu lalu, dalam rangka kampanye untuk menyapa para pendukungnya yang telah berkumpul di sana.

Alih-alih menyalami Hillary, para supporter -yang sebagian merupakan wanita- malah memutar badan dan memunggungi calon Presiden AS dari Partai Demokrat itu, seakan di sisi lain ada seseorang yang lebih menarik perhatian.

Hillary pun seolah-olah melambaikan tangan dan menyapa ke punggung para pendukungnya tersebut.

Mereka rupanya hendak menjepret selfie, untuk menunjukkan kehadirannya di acara kampanye. Mereka ingin satu frame dengan Hillary, sang calon presiden yang berdiri di latar belakang.

Kejadian tersebut diabadikan oleh juru foto kampanye Clinton, Barbara Kinney, dan belakangan menjadi viral, beredar luas dan ramai dibicarakan di Twitter.


“Wah, para (anak muda) millenial tampak sungguh membenci Hillary,” komentar salah seorang pengguna Twitter, menyindir perilaku pada pendukung yang malah membelakangi sang calon presiden, berebut foto daripada menjabat tangannya.

“(Inilah) Peralihan narsisme di kehidupan publik,” komentar pengguna Twitter lainnya dengan lebih serius.

Hillary tampak gembira-gembira saja dan berupaya melambaikan tangan sambil tersenyum ke arah puluhan layar (dan kamera smartphone) yang terbentang di hadapannya.

Namun selembar foto kerap tidak menceritakan keadaan sebenarnya saat kejadian. Kinney, si juru foto, mengatakan bahwa Clinton sendirilah yang meminta para pendukung agar menjepret selfie.

“Oke semuanya, mari putar badan dan lakukan group selfie,” kata Kinney mengulangi penuturan Clinton, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Mashable, Selasa (28/9/2016).

Foto tersebut makin viral setelah dijajarkan dengan sebuah foto yang memperlihatkan Hillary pada tahun 2006 silam. Bedanya, foto yang dijepret pada sepuluh tahun yang lalu tersebut tak ada satu pun pendukung yang sibuk berselfie. Mereka justru berebut meminta tandatangan Hillary.

Era smartphone, fotografi mobile, dan selfie

Robert Cornelius/Library Of Congress Foto Robert Cornelius, pelaku pertama selfie di Library of Congress, Washington DC, Amerika Serikat. Foto ini diambil pada 1839.
Selfie alias swa-foto alias memotret diri sendiri sebenarnya sama sekali bukan barang baru. Potret diri pertama sudah ada lebih dari 170 tahun lalu, sejak tahun 1839.

Baca: Sejarah Panjang Selfie dan si Tongkat Narsis

Hanya saja, seiring dengan perkembangan teknologi fotografi digital, semakin banyak orang yang menjepret foto. Terlebih semenjak kamera mulai terintegrasi dalam perangkat mobile seperti ponsel dan tablet.

Halaman:
Sumber Mashable
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com