Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Tunjukkan Cara Membuat Colokan Audio di iPhone 7

Kompas.com - 28/09/2016, 08:27 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Duo ponsel iPhone 7 dan iPhone 7 Plus datang tanpa colokan jack audio 3,5mm sehingga pengguna terpaksa menggunakan earphone wireless atau adapter khusus yang tertancap ke port lightning.

Keadaan itu dimanfaatkan pengguna YouTube bernama TechRax untuk membuat sebuah video tutorial bohongan. Di dalamnya tampak si pembuat video mengebor sisi bawah iPhone 7 untuk membuat lubang “colokan” jack audio.

Baca: Mengapa iPhone 7 Tak Punya Jack Audio dan Tombol “Home”?

Meski tampak dimaksudkan sebagai lelucon, sejumlah pemilik iPhone 7 agaknya tertipu dan benar-benar mengikuti langkah-langkah dalam video tersebut, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Phone Arena, Rabu (28/9/2016).

Akibatnya, ponsel mahal seharga belasan juta rupiah itu pun rusak. (Baca: Berapa Harga iPhone 7 dan 7 Plus?)

“Saya mencoba ini, layarnya jadi rusak dan tak berfungsi… Benar-benar sebuah kesalahan terbesar sepanjang hidup,” komentar seorang pemirsa video yang bersangkutan.

Pengguna lain menanggapi keluhan-keluhan tersebut dengan “saran” palsu bernada sarkas yang tak akan membantu.

“Anda harus merendamnya di dalam air sabun selama  15 menit untuk membersihkan serpihan-serpihan itu. Kocok ponsel setelah selesai,” tulis salah satu komentator.

Tidak dapat dipastikan apakah memang benar ada pemilik iPhone 7 yang merusak perangkatnya setelah salah mengira video tutorial yang beredar viral itu sebagai tutorial asli. Boleh jadi, pengguna yang menyuarakan keluhan pun hanya bercanda.

Video TechRax sudah mengumpulkan lebih dari 11 juta angka penayangan. Selengkapnya bisa disimak dari tautan ini. Jangan mengikuti anjuran di dalamnya kalau tak mau ponsel rusak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com