Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inikah Android Pertama BlackBerry dengan Pemindai Sidik Jari?

Kompas.com - 28/09/2016, 13:24 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber CNET

KOMPAS.com - CEO BlackBerry John Chen pernah mengutarakan bahwa pihaknya bakal meluncurkan dua ponsel Android baru pada 2016. Model pertama adalah DTEK50 yang diperkenalkan beberapa waktu lalu.

Kini, model Android kedua BlackBerry muncul di internet dalam dokumen pengajuan sertifikat Federal Communications Commission (FCC), lembaga AS yang bertanggung jawab memastikan keamanan perangkat komunikasi berbasis radio.

Dirangkum KompasTekno dari Cnet, Rabu (28/9/2016), dalam dokumen FCC terungkap bahwa Android kedua BlackBerry ini bakal memiliki fitur pemindai sidik jari, alias fingerprint scanner.

Dokumen tersebut juga memperlihatkan ukuran fisik dan antena perangkat yang disinyalir bakal bernama resmi DTEK60 itu.

Baca: BlackBerry Akan Rakit Ponsel Android di Indonesia

Dibanding DTEK50, DTEK60 diprediksi bakal memiliki layar lebih besar dan jeroan lebih bertenaga, berikut fitur tambahan berupa pemindai sidik jari.

FCC Ilustrasi BlackBerry DTEK60 dalam dokumen sertifikasi FCC.
Apabila memang benar, maka DTEK60 bakal menjadi perangkat Android pertama dari BlackBerry yang dibekali fingerprint scanner. Bahkan model high-end BlackBerry Priv yang dirilis tahun lalu pun tak memilikinya.

BlackBerry tidak memproduksi sendiri ponsel Android DTEK50 demi menghemat ongkos. Pembuatan perangkat tersebut diserahkan kepada pemanufaktur lain di China dengan memakai basis ponsel OEM.

DTEK50 diketahui hampir identik dengan Alcatel IDOL 4. Sementara, DTEK60 nanti kuat diduga bakal “kembaran” dengan TCL 950 yang memiliki chip Snapdragon 820, RAM 4 GB, memori 64 GB, baterai 3.000 mAh, layar 5,5 inci, serta kamera 12 dan 8 megapiksel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com