Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diproduksi di Indonesia, Android BlackBerry Dijamin Penuhi TKDN

Kompas.com - 29/09/2016, 12:16 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - BlackBerry telah membuat perusahaan joint venture, PT BB Merah Putih, untuk memproduksi ponsel Android di Indonesia. Adapun perakitannya akan dikerjakan bersama dengan vendor lokal, Tiphone. Dengan demikian, bisa dipastikan bahwa ponsel Android BlackBerry bakal hadir di Indonesia.

Ponsel-ponsel Android yang bakal diproduksi dan dijual di Indonesia dijamin bakal memenuhi syarat tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) yang disyaratkan oleh pemerintah untuk ponsel-ponsel 4G.

"Produk (ponsel Android) yang didistribusikan di Indonesia akan memenuhi TKDN, 100 persen dibuat di Indonesia, kontribusi BlackBerry hanya memasok software," kata Ralph Pini, Chief Operating Officer Blackberry sekaligus General Manager for Devices, saat dihubungi KompasTekno, Kamis (29/9/2016).

"Software-nya pun juga akan dipasang di dalam negeri," imbuh Pini.

Baca: BlackBerry Gandeng Tiphone Rakit Ponsel Android di Indonesia

Dok. BlackBerry Ralph Phini, COO dan General Manager for Devices, Blackberry.
Software OS Android yang dibuat oleh BlackBerry diklaim lebih aman dibanding OS Android yang ditanamkan di ponsel-ponsel lainnya. Ini adalah salah satu nilai jual BlackBerry, sekaligus strategi bersaing mereka di Indonesia.

Seperti diketahui, pemerintah telah mengesahkan aturan TKDN ponsel 4G yang di dalamnya terdapat beberapa pilihan skema, yakni jalur software, hardware, dan investasi.

BlackBerry nampaknya memilih jalur hardware untuk masuk ke Indonesia dengan merakit produk-produknya di dalam negeri, bekerja sama dengan Tiphone.

Baca: BlackBerry Akan Rakit Ponsel Android di Indonesia

Seperti diberitakan sebelumnya, BlackBerry memutuskan mundur dari bisnis handset dan konsentrasi ke bisnis software, baik untuk konsumen umum maupun perusahaan/enterprise.

Selanjutnya, handset-handset BlackBerry akan di-outsource ke perusahaan rekanan. Sejauh ini, BlackBerry baru mengumumkan satu rekanannya, yakni PT BB Merah Putih yang didirikan di Indonesia.

Baca: BlackBerry Berhenti Produksi Ponsel Sendiri

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com