Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

XL Gelar Layanan 3G 900 MHz secara Nasional

Kompas.com - 04/10/2016, 06:43 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.comXL Axiata (XL) kini menggelar layanan internet 3G menggunakan frekuensi 900 MHz atau U900 secara nasional.

Layanan tersebut merupakan respon perusahaan terhadap pertumbuhan pengguna layanan internet, dari yang sebelumnya hanya memakai 2G saja, kini telah bergeser ke 3G.

"Sebenarnya kami sudah lama memasang teknologi 2G dan 3G di Indonesia, tapi sejak beberapa waktu lalu kami mulai menambah alokasi jaringan 3G di frekuensi 900 MHz," terang Direktur/Chief Service Management Officer XL, Yessie D. Yosetya dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Selasa (4/10/2016).

"Setelah mendapatkan sertifikasi komersialisasinya, saat ini kami bisa menghadirkan layanan 3G dengan kualitas yang lebih baik untuk akses data dan voice. Wilayah layanannya pun juga jauh lebih luas," imbuhnya.

Menurut Yessie, saat ini 3G untuk frekuensi 900 MHz sudah bisa dipakai oleh pengguna XL di 352 kota/kabupaten. Perusahaan menjanjikan penambahan lebih dari 11.000 BTS 3G baru hingga akhir tahun.

Sebelumnya, frekuensi 900 MHz dipergunakan XL untuk menyelenggarakan layanan berbasis 2G saja.

Dari total keseluruhan pelanggan XL saat ini, lebih 50 persen masih menggunakan jaringan 2G. Sementara itu secara industri, sebanyak 60-70 persen pelanggan masih menggunakan layanan 2G.

Pada medio September 2016 lalu, perusahaan mengumumkan bahwa 3G di luar Jawa akan memakai frekuensi 900 MHz. Saat itu, XL hanya menargetkan di wilayah Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com