Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diperbarui, Snapchat Jadi Utamakan Teman Ketimbang Berita

Kompas.com - 08/10/2016, 12:41 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber Recode

KOMPAS.com - Snapchat memperbarui tampilan antarmuka aplikasinya. Pemutakhiran ini bisa dibilang berpotensi mengubah kebiasaan penggunanya.

Pembaruan pertama bisa dilihat dari letak Discover dan Stories. Sebelumnya, Snapchat menyematkan fitur Discover pada sisi layar paling atas. Berita terbaru yang disajikan media massa rekanan Snapchat bisa dilihat paling awal, sehingga lebih menarik perhatian pengguna.

Kini Discover diturunkan posisinya ke bawah. Hal pertama yang dilihat pengguna adalah rentetan Story teman.

Snapchat Pembaruan Snapchat yang menurunkan posisi Discover dari sisi atas ke sisi bawah.

Sedikit banyak pembaruan ini dikatakan bakal mengikis kebiasaan pengguna mengeksplor berita-berita pada Discover Snapchat. Entah bagaimana negosiasi Snapchat dengan para rekanan media massa menyusul pembaruan tersebut.

Pembaruan kedua terletak pada sistem menelusuri Stories teman. Sebelumnya, Snapchat akan otomatis memulai Story teman B begitu Story teman A selesai. Sekarang, transisi antara Story teman A dan B bakal disisipkan iklan.

Jadi, pengguna bakal otomatis dijejali konten video komersil di tengah-tengah penelusuran Story teman, sebagaimana dilaporkan Recode dan dihimpun KompasTekno, Sabtu (8/10/2016).

Meski demikian, Snapchat mengatakan tak bakal mencekoki iklan secara berlebihan. Bisa saja transisi antara satu konten ke konten lain tak diselipi iklan, tergantung ketersediaannya.

Jika tak mau sering-sering menonton iklan, pengguna bisa menggunakan fitur baru bernama "Story Playlist". Di situ, pengguna dapat memilih beberapa Story teman yang ingin dilihat langsung dalam satu waktu tanpa gangguan iklan.

Namun, setelah beberapa Story terpilih itu disaksikan, pengguna akan tetap dijejali iklan sebagai penutup penelusuran. Hal ini mengindikasikan keseriusan Snapchat memonetisasi layanannya lebih jauh dengan menjadi lebih ramah pada pengiklan.

Pembaruan ini sendiri diluncurkan secara bertahap mulai Jumat kemarin. Baru sebagian pengguna Android dan iOS yang bisa menikmatinya. Snapchat berjanji bakal memboyong perubahan ini ke semua pengguna pada pekan depan.

Untuk mengetahui apakah Anda termasuk sebagian pengguna awal yang bisa menjajal pembaruan ini, silakan cek update di toko aplikasi Google Play Store atau Apple App Store.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Recode

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com