Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pegawai Apple Store Dilaporkan Mencuri Foto Pelanggan Perempuan

Kompas.com - 14/10/2016, 09:48 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber CNET

KOMPAS.com - Jaringan toko Apple di Australia terlibat skandal memalukan berupa dugaan pencurian foto para pelangan wanita yang berkunjung ke sejumlah outlet ritel gadget tersebut.

Sejumlah pegawai agaknya memiliki hobi memotret para staf dan pengunjung wanita di toko, juga mencuri foto-foto dari ponsel yang dititipkan untuk diperbaiki.

Laporan Cnet yang dirangkum oleh KompasTekno, Jumat (14/10/2016), menyebutkan bahwa kasus tersebut terungkap setelah seorang staf mendapati teknisi toko Apple di Carindale, Brisbane, sedang membuka-buka ponsel pelanggan.

Foto-foto diberi ranking 1 hingga 10 berdasarkan penampilan orang dalam foto, lantas diedarkan ke sesama pegawai toko.

“Kami sedang menyelidiki pelanggaran kebijakan bisnis Apple di toko Carindale, di mana sejumlah pegawai telah diberhentikan sebagai akibat dari temuan kami,” sebut Apple dalam sebuah pernyataan yang dirilis minggu ini.

Lebih dari 100 foto close-up dan foto vulgar dari para pegawai dan pengunjung wanita diduga telah dicuri, tapi Apple tidak menjelaskan lebih lanjut mengenai konten dan luar penyebaran foto-foto dimaksud.

Pencurian foto ini disinyalir melibatkan sejumlah toko Apple lain di daerah Queensland dan Sydney. Sebanyak empat pegawai laki-laki dari toko di Carindale yang terlibat telah diberhentikan.

Belakangan, Apple kembali mengeluarkan pernyataan bahwa kejadian tersebut tak melibatkan pelanggan wanita di toko.

“Berdasarkan penyelidikan kami sejauh ini, tak ditemukan bukti bahwa data dan foto pelanggan telah ditransfer secara tidak pantas, atau bahwa orang lain telah dipotret oleh para mantan pegawai ini,” sebut Apple.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com