Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

GrabChat Diperkenalkan, Kontak Pengemudi Bisa lewat "Chatting"

Kompas.com - 24/10/2016, 17:23 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Komunikasi dengan pengemudi kendaraan yang dipesan melalui aplikasi Grab bakal bisa dilakukan lewat perantara chatting, selain sambungan telepon.

Penyedia layanan ojek dan mobil sewaan online tersebut hari ini, Senin (24/10/2016), mengumumkan ketersediaan GrabChat, fitur instant messaging yang tersedia di dalam aplikasi mobile Grab.

Menurut keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Senin, ikon GrabChat akan muncul di tampilan aplikasi Grab, di samping identitas pengemudi, setelah pengguna melakukan pemesanan.

Begitu diklik, aplikasi akan menampilkan opsi untuk memilih sejumlah template pesan. Pengguna juga bisa mengirim pesan sendiri. Setelahnya pengguna layanan dapat menekan tombol "kirim" untuk memulai chatting dengan pengemudi kendaraan yang dipesan.

"Ïni akan mempermudah dan mempercepat proses penjemputan bagi penumpang dan pengemudi dengan adanya komunikasi yang mulus langsung dari aplikasi Grab, tanpa perlu menghabiskan pulsa," ujar Co-Founder Grab Hooi Ling Tian.

Selain mengirit biaya SMS, Tan menambahkan, dengan adanya layanan chatting ini, driver Grab tidak perlu khawatir terkena biaya telepon yang mahal saat berkomunikasi dengan penumpang yang memiliki nomor telepon dari luar negeri.

GrabChat akan mulai digulirkan secara bertahap ke aplikasi Grab di platform Android dan iOS mulai Senin (24/10/2016) hingga akhir minggu ini, untuk semua pengguna yang berdomisili di wilayah Asia Tenggara.

Sebelumnya, Grab telah lebih dulu melakukan program beta testing GrabChat dengan melibatkan lebih dari 50.000 pengguna.

Selama masa uji coba yang berlangsung sepekan itu, pihak Grab menyatakan berhasil menghemat biaya 85.000 SMS untuk pengemudi dan 45.000 SMS untuk penumpang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com