Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Rilis iOS 10.1, Hadirkan Efek "Blur" untuk iPhone 7 Plus

Kompas.com - 25/10/2016, 09:02 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber TechCrunch

KOMPAS.com - Apple merilis update sistem operasi mobile berikutnya dengan nama iOS 10.1, Selasa (25/10/2016). Pengguna di seluruh dunia, termasuk Indonesia, gadget bikinan raksasa teknologi itu sudah bisa mengunduhnya secara over-the-air atau menggunakan aplikasi iTunes.

Pembaruan perdana iOS 10 ini menghadirkan perbaikan berbagai bug, serta satu fitur yang telah dinantikan para pengguna iPhone 7 Plus, yaitu kemampuan memotret dengan efek bokeh. Kemampuan ini disematkan dalam mode Portrait pada aplikasi kamera.

Istilah bokeh sendiri berarti blur atau tidak fokus. Fotografer biasanya memakai efek ini untuk menonjolkan objek tertentu dan memburamkan latar belakang di sekeliling objek.

Informasi yang dirangkum KompasTekno dari TechCrunch, Selasa (25/10/2016), mode Portrait menghasilkan foto bokeh dengan memanfaatkan lensa ganda pada iPhone 7 Plus dan sejumlah modifikasi menggunakan software.

Saat memotret objek menggunakan mode Portrait, kamera akan mendeteksi 9 tingkat kedalaman gambar. Selanjutnya, aplikasi akan bekerja membuat bagian latar belakang foto menjadi blur, sementara bagian lainnya tetap tajam.

Fitur potret bokeh ini tidak bisa dimodifikasi sesuai keinginan pengguna. Dengan demikian, pengguna cuma bisa bereksperimen untuk mengetahui cara memotret untuk menghasilkan efek bokeh dalam posisi yang tepat.

Perlu dicatat, efek bokeh ini sebenarnya bisa dianggap masih versi beta. Meskipun sudah dirilis, Apple sendiri masih berusaha memperbaiki banyak hal dan mengembangkannya agar bisa bekerja lebih baik.

Efek bokeh pada iOS 10.1 hanya bisa digunakan oleh iPhone 7 Plus saja karena membutuhkan lensa ganda.

Perangkat Apple lain, seperti iPhone lawas dan iPad, akan mendapatkan sejumlah perbaikan saat memperbarui sistem operasi ke iOS 10.1. Perbaikan tersebut antara lain pada informasi transportasi di aplikasi Apple Map, bug di Messages, dan peningkatan kinerja koneksi Bluetooth dengan perangkat pihak ketiga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber TechCrunch
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com